Prodi Sistem Informasi Lakukan Kunjungan Ke Perusahaan Besar di Jakarta
Rabu, 15 Mei 2019 | 11:17 WIB

Kunjungan KKL Prodi Sistem Informasi Unika ke perusahaan ILotte

Company visit atau sering disebut Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Game Technology Universitas Katolik Soegijapranata. Dalam pelaksanaannya KKL terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KKL luar negeri dan KKL dalam negeri.

Untuk KKL dalam negeri beberapa waktu lalu, Mahasiswa Angkatan 2016 Program Sistem Informasi dan Game Technology melakukan company visit di perusahaan Besar di Jakarta, yang dikoordinatori oleh Ricky Ardi Budiman.

Dalam  company visit tersebut rombongan mengunjungi tiga perusahaan besar yang berada di Jakarta yaitu Bank BCA, PT Indomarco Prismatama dan PT Indo Lotte. Sedangkan hari pertama mereka melakukan KKL di dua perusahaan besar yaitu PT. Indomarco Prismatama dan Bank BCA.

Dalam kunjungan ke PT Indomarco Prismatama, rombongan disambut oleh Kepala Human Resource Development Bapak Juan Dani dan Tim IT.  Dalam kesempatan tersebut Pak Dani memaparkan bidang bisnis yang dikembangkan PT Indomarco yaitu usaha retail indomaret, e-commerce klik indomaret, emoney i-saku, jasa pengiriman paket indopaket, indomaret point (point coffee), restoran jepang, Mr donut, ikios dan masih banyak lagi jenis usaha yang akan dikembangkan oleh PT Indomarco.

Kunjungan kedua rombongan melanjutkan ke Bank BCA disambut oleh Ibu Yenny Ali Sardjono divisi Human Capital Management dan beberapa tim IT dari berberapa divisi.

Ibu Yenny memaparkan bahwa Bank BCA memiliki banyak layanan perbankan baik untuk pelanggan, hubungan antar bank, dan hubungan pemerintahan. Pengembangan layanan teknologi informasi yang berpusat di manara BCA ini dilakukan secara mandiri. Para mahasiswa diajak untuk melihat lebih dekat bagaimana cara kerja ditiap-tiap divisi yaitu Group Aplication management, Group IT Infrasctructure & Operation, Group Data Management & IT Management Office, Group IT Infrastructure & Service Quality, dan Group Digital Innovation Solution.

Selain presentasi, mahasiswa juga diajak untuk berkeliling mengunjungi ruang kerja semua divisi. Mahasiswa dapat melihat lebih dekat bagaimana para staf berinteraksi dengan sesama staf dam pimpinan, berdiskusi dan menyelesaikan permasalah di ruang kerja.

Hari kedua mahasiswa mengunjungi Indo Lotte merupakan perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce. Mahasiswa diterima oleh Bapak Prasetyo Nurharjanto selaku manajer HRD dan tim. Di tempat tersebut dipaparkan beberapa hal yaitu tentang ilotte yang bergerak dibidang e-commerce yang mengusung sikap digital mindset dan digital people visioner, yang didukung dengan sikap empati dan simplisiti. Serta Memaparkan konsep e-commerce, infrastruktur jaringan dan data, marketing digital, dan kerjasama sebagai kunci utama dalam berbisnis.

Albertus Dwiyoga Widiantoro SKom MKom selaku pendamping KKL, juga mengungkapkan bahwa kegiatan KKL ini selain bertujuan menambah wawasan tentang sistem informasi, juga menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan zaman dan memperluas wawasan selama studi.

“Mahasiswa harus siap menghadapi era society 5.0, yang merupakan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Teknologi akan mengubah sebagian besar proses bisnis menjadi digital, maka mahasiswa harus mampu menangkap peluang dan tantangan tersebut,” tandasnya. (fas)

Kategori: ,