Penandatanganan MoU : USAID-RWAP dan Unika, training mahasiswa agar siap kerja
Selasa, 28 Mei 2019 | 14:09 WIB

USAID dengan salah satu bidang kerjanya yaitu RWAP – Ready to Work Accelerator Program melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi swasta di Semarang, salah satunya adalah dengan Unika Soegijapranata. Kegiatan yang berbasis kepedulian terhadap anak muda (mahasiswa) yang mempunyai potensi dalam mengembangkan diri, agar dapat siap terjun ke dunia kerja ini sangat didukung oleh 10 (sepuluh) pengelola pusat karir perguruan tinggi swasta di Semarang.

Pada awalnya, sekian tendik dan dosen diberikan ToT oleh USAID-RWAP di Ungaran selama lima hari pada bulan Desember 2018 yang lalu. Kemudian dari training tersebut, USAID diminta untuk dapat melakukan aplikasi di masing-masing perguruan tinggi asal.  MoU baru dapat ditandatangani pada tanggal 28 Mei ini oleh karena berbagai kondisi.

Dalam MoU ini, Unika diberikan sebuah tanggung jawab untuk dapat melatih 585 mahasiswa dalam 13 batch selama bulan Agustus – November 2019. Kegiatan ini akan didanai oleh USAID-RWAP.  MoU yang ditandatangani oleh Rektor dan Chief of party USAID-RWAP ini bernomor 009/RWAP/V/2019 – 0823/H/Rek/V/2019 ini dihadiri oleh 10 perguruan tinggi swasta di Semarang.

Unika menyambut baik kegiatan ini dan dengan harapan penuh mahasiswa dapat dimudahkan dalam mencari kerja ataupun menciptakan lapangan usaha baru oleh karena pelatihan softskills ini.  Oleh karena itu, Unika membuat tim inti untuk dapat menyelenggarakan pelatihan ini.

Penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan mini workshop di Untag, dengan membahas berbagai hal dalam keberlanjutan training di masing-masing perguruan tinggi. Selain itu ada program ToT tambahan bagi beberapa perguruan tinggi swasta , diantaranya Unika, yang diberikan kesempatan mengirimkan 3 (tiga) orang untuk dapat mengikuti training of trainer pada tanggal 24-28 Juni mendatang. (yoel-sscc)

Kategori: