Pelajar Adu Cerdas Pecahkan Teka-teki Logika Matematika
Rabu, 8 Mei 2019 | 15:33 WIB

image

Kompetisi Matematika Tingkat SMA/SMK se-Jateng di Unika

Siswa SMA/SMK di Jateng yang maju babak final ini adu kecerdasan dalam Mathematic Logic Competition (MLC) 2019 di Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer, gedung Henrius Constance lantai delapan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Selasa (7/5). Kompetisi itu tujuannya untuk mengasah kemampuan siswa SMA, sekaligus memecahkan teka-teki logika Matematika. Peserta babak final terdiri atas 13 kelompok dan 33 individu. 

"Total peserta sebenarnya ada 300 siswa SMA/ SMK di Jateng, namun mereka ini langsung menjalani tahap seleksi pada 1- 28 April lalu, dengan cara menjawab pertanyaan logika Matematika dari aplikasi. Adapun, yang tampil pada hari ini (Selasa, 7/5) adalah peserta yang lolos seleksi," tandas Koordinator MLC 2019 Marlon Leong SKom MKom di sela-sela kompetisi yang rutin digelar tiap tahun. Peserta berasal dari berbagai daerah, seperti Cilacap, Pati, Semarang, Purwokerto, dan Surakarta.

Menurut dia, kompetisi tahun ini lebih ketat, dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu. Terbukti, catatan skor peserta selisihnya tidak banyak. Hasil penilaian juri, juara I diraih kelompok dari SMA Semesta Semarang, Pikatan Arya Bramajati dan Delfia Nur Anriati. Pikatan usai meraih gelar juara membocorkan resep keberhasilannya. Kuncinya adalah ketelitian.

"Kami memang cuma menyelesaikan soal lebih sedikit dibandingkan peserta lain, tapi kami ingin mengerjakannya seteliti mungkin. Setelah selesai, kami tidak ingin cepat-cepat pindah soal tapi harus menelitinya lagi," ungkapnya. Dalam kompetisi ini, siswa SMA/ SMK didampingi guru yang dalam kesempatan itu juga mengikuti seminar data science.

SM 9_05_2019 Para Siswa Adu Cerdas Pecahkan Teka-teki Logika Matematika

https://www.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 9 Mei 2019 hal. 19

Kategori: ,