Mathematic Logic Competition Bagi Siswa SMA atau SMK Se-Jawa Tengah
Rabu, 8 Mei 2019 | 11:12 WIB

Para juara MLC 2019 berfoto bersama Ketua Program Studi Teknik Informatika Unika Rosita Herawati, ST MIT

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer kembali mengadakan lomba Mathematic Logic Competition (MLC) yang sasaran pesertanya adalah para siswa SMA atau SMK se-Jawa Tengah.

Dalam lomba MLC 2019 ini, dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap penyisihan yang diikuti oleh kurang lebih 300 peserta yang berasal dari berbagai sekolah SMA dan SMK se-Jawa Tengah, dan diselenggarakan mulai tanggal 1 April hingga 28 April 2019 melalui aplikasi android yang bisa diunduh dan disediakan oleh panitia di google play store. Adapun pilihan peserta bisa individu atau kelompok (dua orang per kelompok).

Tahap berikutnya adalah tahap final, yang diikuti oleh peserta yang lolos di tahap penyisihan sejumlah  33 peserta jenis individu dan 13 kelompok, dan dilaksanakan pada hari Selasa (7/5) bertempat di Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata, gedung Henricus Constance.

Adapun pertimbangan dewan juri dalam penilaian lomba MLC selain kebenaran jawaban juga kecepatan dalam menjawab pertanyaan.

Ketua panitia MLC 2019 juga Seminar Matematika dan Data Science, Hironimus Marlon Leong, S.Kom.,M.Kom menjelaskan tentang pelaksanaan lomba MLC 2019. “Jumlah peserta untuk MLC 2019 mengalami lonjakan jumlah yang cukup signifikan jika dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu jumlah peserta lomba sebanyak 194 orang, tapi untuk tahun ini jumlahnya menjadi 300 peserta. Tentu saja kenaikan jumlah peserta ini berhubungan pula dengan publikasi lomba yang selain menggunakan pengiriman surat secara manual ke sekolah-sekolah, juga melalui media sosial secara online,” terangnya.

Lebih jauh Marlon juga memaparkan terkait materi lomba.” Dalam lomba MLC ini, materi lombanya adalah matematika yang berhubungan dengan logika berpikir orang-orang dalam menyelesaikan persoalan hidup sehari-hari. Jadi memang tidak jauh dari kehidupan dan dalam lomba ini peserta diharuskan memecahkan persoalan-persoalan itu secara logis. Maka yang kami angkat adalah dasar berpikirnya komputer, sehingga betul-betul logic yang kami lombakan atau matematika logic,” jelasnya.

Dalam penjelasannya, Marlon juga menerangkan bahwa dalam lomba MLC 2019 ini, juga diselenggarakan kegiatan Seminar Matematika dan Data Science dengan pembicara Robertus Setiawan Aji Nugroho PhD.

Acara seminar tersebut diikuti oleh para guru matematika yang turut mendampingi para siswa yang mengikuti lomba final MLC 2019.

Dalam keterangannya Aji Nugroho PhD menyampaikan peranan matematika dalam perkembangan data science. “Prodi Teknik Informatika memandang penting peranan matematika dalam perkembangan Data Science. Data science dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan karena dasar dari data science adalah pengolahan data itu sendiri baik data yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur,” ucapnya.

“Ditunjang oleh konsep matematika yang kuat, maka data science menjadi ilmu yang sangat penting di masa mendatang. Oleh karena itu, wawasan diberikan kepada para guru matematika sehingga dapat memberikan perluasan ilmu bagi siswa-siswi tingkat SMA atau SMK dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Kekuatan teknologi informasi akan mewarnai masa depan era revolusi industri dimana anak-anak muda saat ini menjadi pemilik masa depan dengan warna industri teknologi informatika yang sedemikian maju,” lanjutnya.

Berikut adalah para pemenang yang dalam final MLC 2019. Juara Pertama adalah Delfia Nur Anrianti Putri dan Pikatan Arya Bramajati (SMA Semesta), Juara Kedua diraih oleh Benedictus Visto Kartika (SMA Kolese Loyola), serta Juara Ketiga berhasil diraih oleh Vincent Aurellio B (SMA Karangturi). (fas)

Kategori: ,