Mahasiswa Unika Raih Prestasi IV dalam Kompetisi Pilmapres LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah
Senin, 6 Mei 2019 | 17:56 WIB

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Prof DYP Sugiharto berfoto bersama enam peraih prestasi Pilmapres 2019, salah satunya adalah Anita Angelina Wibawa (dua dari kanan)

Kamis lalu (2/5) di LLDIKTI Wilayah VI telah dilangsungkan penyerahan trophy kepada para pemenang lomba Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) Program Sarjana tahun 2019 oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof DYP Sugiharto.

Unika Soegijapranata yang dalam kompetisi Pilmapres tersebut diwakili oleh Anita Angelina Wibawa dari program studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni, telah menempati prestasi IV.

Saat diwawancara beberapa hari kemudian, Anita menjelaskan tentang kegiatan Pilmapres LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah yang dilaksanakan pada hari Senin (8/4).

“Sebelumnya saya dihubungi oleh Dr V Kristina Ananingsih selaku Wakil Rektor III Unika untuk mewakili Unika Soegijapranata dalam Pilmapres LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut saya juga diberitahu pedoman apa saja yang harus saya persiapkan dalam kompetisi tersebut, yang salah satunya adalah diminta untuk mempersiapkan karya tulis ilmiah,” urai Anita.

“Dalam Karya Tulis Ilmiah yang saya buat, temanya saya pilih dari salah satu poin SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu poin 11.4 tentang ‘strengthen efforts to protect and safeguard the world’s cultural and natural heritage’,” tambahnya.

Lebih lanjut Anita menjelaskan bahwa topik poin 11.4 SDGs Ia pilih karena setahun lalu pernah terlibat dalam suatu project yang didanai oleh United Board for Christian Higher Education in Asia (UB) di daerah Sumba yang bertujuan untuk mengajak orang lokal di daerah Sumba untuk bisa melestarikan budayanya, melalui workshop dan dokumentasi secara foto maupun video juga  melakukan mini-ethnography.

Dari project yang sudah saya lakukan, selanjutnya saya pakai sebagai suatu gagasan untuk memecahkan masalah dari yang kita hadapi di Indonesia. Jadi di dalam karya tulis ilmiah saya lebih banyak menyoroti tentang keberagaman dan keindahan budaya Indonesia dengan suatu model yang disebut sebagai model dokumentasi folklore, yang menggabungkan teknologi dengan mini-ethnography.

Persiapan lainnya disamping membuat karya tulis ilmiah, juga harus melampirkan 10 daftar prestasi yang dimiliki selama studi, juga pembuatan poster untuk ringkasan dari karya tulis ilmiah.

Saat ditanya apa kendala terbesar yang dihadapi dalam persiapan Pilmapres LLDIKTI ini, Anita memaparkan kesulitan yang muncul adalah faktor waktu yang sangat pendek persiapannya, hal lain juga faktor mencari ide atau gagasan dalam topik yang akan dipilih. Namun demikian dengan bantuan serta dukungan dari kakak kelas yang sebelumnya pernah mengikuti Soty (Kak Irfan, Kak Sebastian) dan juga Dr Kristina Ananingsih, para staf UPT kemahasiswaan, serta tidak lupa dosen yang ikut dalam project di Sumba sekaligus dosen pembimbing skripsi yaitu Angelika Riyandari PhD, maka segala kesulitan yang dihadapi dapat diselesaikan hingga akhirnya dapat meraih prestasi IV di kompetisi Pilmapres LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. (fas)

Kategori: ,