LKTL 2019 Angkat Tema : “Be A Changer And Break Your Limits”
Jumat, 24 Mei 2019 | 12:41 WIB

Foto bersama Panitia dan Peserta LKTL 2019

Pada hari Jumat (17/5) hingga Minggu (19/5) telah diselenggarakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut (LKTL) 2019 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas di Unika Soegijapranata, yang bertempat di Wisma St Elisabeth Bandungan dengan peserta dari mahasiswa Unika berbagai Fakultas yang berjumlah sekitar 45 orang.

LKTL merupakan kegiatan tahunan dan merupakan kelanjutan dari dari LKTD yang telah diadakan setiap Fakultas di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas. Perbedaan antara LKTD dan LKTL yakni dari segi materi yang diberikan, pembentukan karakter untuk menjadi seorang pemimpin akan diberikan di LKTD. Sedangkan di LKTL lebih disiapkan dan dibekali untuk memiliki sifat dan karakter layaknya seorang pemimpin.

Tujuan diadakan LKTL sendiri untuk mencari bibit-bibit unggul Unika yang siap ditempa untuk menjadi kader-kader terbaik untuk dapat membawa Unika semakin lebih baik lagi ke depannya.

Tentunya setiap tahun materi yang disampaikan akan berbeda. Pada tahun ini, LKTL 2019 mengangkat tema “Be a Changer and Break Your Limits“.

Ienvika Yispa Sianturi, selaku Ketua Panitia, menjelaskan makna dari tema tersebut, “Dalam tema tahun ini, memiliki makna bahwa sebagai seorang pemimpin harus dapat menjadi agen perubahan bagi diri mereka dan lingkungan sekitarnya, serta dapat meyakinkan diri mereka untuk dapat melewati titik zona nyaman dan melampaui batas. Seperti seekor kepompong, untuk dapat berubah menjadi kupu-kupu yang indah, ia harus merobek sutra yang membungkus dirinya dan keluar menjadi kupu-kupu yang indah. Tak cukup sampai disitu, sang kupu-kupu pun harus memberikan manfaat atau dampak bagi sekitarnya, yaitu dengan membantu penyerbukan bunga sehingga bunga tersebut dapat berbuah.”

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam, yang terdiri dari sesi yang menghadirkan para pembicara untuk memberikan materi dan sharing mengenai tema yang diangkat, refleksi malam, dan juga outbond.

Pada hari pertama, diisi oleh dua pembicara. Pembicara pertama yaitu Rotumiar Pasaribu SS MIkom yang memberikan materi mengenai Kepemimpinan dan Visi untuk lebih mengenal sifat-sifat dalam diri agar menjadi pemimpin yang lebih baik. Pembicara kedua yaitu Christa Vidia Rana Abimanyu SPsi MPsi yang memberikan materi tentang break your limits, bagaimana seorang pemimpin untuk bisa melampaui batasannya.

Pada hari kedua, terdapat 3 sesi. Sesi pertama mengenai Kepemimpinan yang diajarkan oleh Mgr. Soegijapranata oleh Romo Vincentius Yudho. Sesi kedua mengenai problem solving dan decision making oleh Edward Calvin dan Daniel Rahardian, dimana peserta dilatih bagaimana cara memecahkan sebuah kasus dan membuat keputusan yang tepat. Sesi ketiga yaitu mengenai manfaat berorganisasi di dunia kerja yang dibawakan dan disharingkan oleh Panduning Rat Swasti. Pada hari ketiga, diadakan outbound yang terdapat nilai-nilai kepemimpinan dan bekerja sama dalam satu tim. Puncak dari acara LKTL 2019 adalah pelantikan peserta LKTL 2019 yang dilakukan dengan penyematan pin kepada peserta.

Dari kegiatan ini, tentunya ada harapan dari panitia kepada para peserta LKTL 2019. “Harapan kami panitia LKTL, peserta memiliki bekal kepemimpinan sehingga setelah mengikuti LKTL mereka dapat menjadi agen perubahan dan dapat melampaui batas mereka. Kami juga berharap mereka nantinya dapat menjadi penerus kami di organisasi Unika, baik di tingkat Fakultas maupun Universitas” tutup Ien. (Tata)

Kategori: ,