Kompetisi Logika Matematika di Unika
Rabu, 8 Mei 2019 | 14:16 WIB

image

Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Unika Soegijapranata Semarang menggelar  final  “Mathematic Logic Competititon MLC)” di kampus Bendan Duwur Semarang, Selasa (7/5/2019). Lomba diikuti 300 siswa dari SMA/K se Jateng, dimulai dengan babak penyisihan tanggal 1 sampai 28 April 2019 lalu lewat aplikasi android dengan hasil 33 siswa individu dan 13 kelompok (dua siswa per kelompok) lolos ke babak final.

Keluar sebagai juara pertama Delfia Nur Anrianti Putri dan Pikatan Arya Bramajati (SMA Semesta Semarang), juara II Benecdictus Visto Kartima (SMA Kolese Loyola), dan Juara III Vincent Aurellio B (SMA Karangturi), disusul posisi ke 4 Yumma Aqila Rasyidah SMAN 2 Purwokerto) serta posisi kelima Bagoes dari SMAN 4 Semarang. Peserta kompetisi dari SMA/K se Jateng di antaranya dari kota Semarang, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Pemalang, Klaten, Pati, Ambarawa, Kendal, Ungaran, dan Surakarta.

Koordinator acara MLC dan Seminar Matematika dan Data Science Bidang Data dan Informasi Marlon Leong Skom MKom menyatakan saat para siswa berkompetisi, para guru pendamping mereka mengikuti seminar tentang matematika. Sehingga guru juga mendapatkan tambahan pengetahuan terkait matematika.

‘”Kompetisi MLC merupakan kompetisi Matematika tetapi secara umum, atau logika matematika yang diuji. Soal soal lomba terkait logika atau persoalan hidup sehari hari. Sigatnya matetima terapan dan murni berpikir secara logis. Kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan sejak 2006 yang dulunya dengan cara SMS tetapi sejalan dengan berkembangnya IT maka sejak 3 tahun lalu babak penyisihan dilakukan lewat aplikasi android. Tahun ini mengalami pengingkatan peserta menjadi 300 dari tahun lalu sekitar 194 siswa” ujar Marl on Leong.

Sementara itu saat seminar ‘Matematik dan Data Science’ pembicara seminar dosen Artificial Intelligent Teknik Informatika Unika Robertus Setiawan Aji Nugroho PhD dan Ketua Prodi Teknik Informatika Unika Rosita Herawati ST MT menyatakan seminar memperkenalkan trend matematika sekarang ini kepada para guru.

“Era seperti sekarang yang ditandai dengan big data sangat butuh analisis sehingga data science sangat penting untuk pemerintah, perusahaan dll. Data science punya back ground matematika. Sehingga matematika yang diajarkan oleh ara guru seolah sangat penting” ujar Setiawan Aji.

Menurutnya, di dalam ilmu komputer, hal yang paling pokok adalah logika. Dan pelajaran ini ada di Matematika SMP dan SMA sebagai pondasi yang sangat sesuai untuk pendidikan ilmu komputer terutama tren sekarang di era big data wcience.

http://www.kampussemarang.com

Kategori: