KKS Unika Ikut Berpartisipasi Dalam Bazar Ramadhan Tegalsari
Jumat, 24 Mei 2019 | 14:18 WIB

Bersamaan dengan bulan Ramadhan, kelurahan Tegalsari Semarang mengadakan kegiatan tahunan yaitu Bazar Ramadhan 1440 H. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (19/5) berlokasi di Kelurahan Tegalsari yang diawali dengan sambutan dan pembukaan acara secara simbolis oleh Camat  Candisari Mulyanto SE MM.

Secara khusus LPPM Unika Soegijapranata melalui Kepala LPPM Unika Dr Berta Bekti Retnawati juga mendapat undangan dalam kegiatan ini. Adapun peran LPPM Unika adalah KKS (Kuliah Kerja Sinergis) yang dimulai sejak 28 Maret lalu selama 2,5 bulan di kelurahan Tegalsari  berhubungan langsung dengan pendampingan organisasi PKK di Kelurahan Tegalsari.

Dalam sambutannya secara khusus Mulyanto menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan Bazar ini. “Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat yang kurang mampu dalam menyambut Hari Raya Lebaran dan menampilkan potensi UMKM yang ada di Tegalsari. Harapannya kegiatan ini sesuai sasaran yaitu masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhannya, sedangkan untuk UMKM sendiri dapat bertumbuh dan omsetnya semakin meningkat melalui bantuan program KKS dari Unika Soegijapranata sehingga  manajemennya semakin baik. Produksi sudah baik namun dalam pemasarannya pasti perlu bantuan dari berbagai pihak seperti kegiatan ini,” ucap Mulyanto.

“Berkat kerjasama dari Kelurahan Tegalsari dan seluruh ketua RW 01 hingga RW 13 di Tegalsari,  pembagian sembako sebanyak 80 paket dapat terealisasi. Di Tegalsari sendiri terdapat 160 UMKM aktif dan dalam rangka bulan Ramadhan ini untuk memaksimalkan UMKM tersebut, maka kami sudah dua tahun melaksanakan kegiatan ini dan di tahun depan kami akan terus meningkatkannya lagi,” jelas Sri Martini SSos MA selaku Lurah di Kelurahan Tegalsari.

Selain Bazar yang berisikan stand-stand UMKM dan pembagian sembako, ada pula kegiatan lain yang difasilitasi oleh kelurahan Tegalsari yaitu pemeriksaan gratis kepada warga sekitar meliputi pengecekan gula darah dan tensi. Serta ada pelayan UHC (Universal Health Coverage) dari Puskemas Kagok yang merupakan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Terakhir untuk meningkatkan kreatifitas dari UMKM, stand-stand yang digunakan harus dihias semenarik mungkin karena ada lomba menghias stand yang dinilai langsung oleh pihak kelurahan dan pihak Unika Soegijapranata yang diwakili oleh Rudy Elyadi SE MM. (lid)

Kategori: ,