FEB Universitas Katolik Soegijapranata Kuati Kerjasama Akademik Dengan School Of Business University Of San Carlos
Rabu, 22 Mei 2019 | 9:53 WIB

FEB Unika Soegijapranata telah  menjalin kerjasama berkesinambungan dengan University of San Carlos  Cebu selama tiga tahun terakhir. Berbagai kegiatan telah dilakukan antara lain dalam bentuk kerjasama seminar, pertukaran mahasiswa dan pertukaran pengajar (lecture exchange) yang dilakukan secara kontinyu.

Pada tanggal 20-30 Maret 2018, FEB mengirimkan Bernadia Linggar Yekti Nugraheni, MCom., PhD., CA dan Dr. Thomas Budi Santoso, menjadi visiting professors di School of Business, University of San Carlos Cebu.

Delegasi dari unika diterima oleh  Presiden SCU, Fr Dionisio Marcelo Miranda SVD, Wakil Rektor di bidang Akademik Fr Aleksander Gaut SVD PhD, Dekan School of Business Dr Melanie Banzuela, Ketua Departemen Akuntansi Dr Marissa M Baldecir, Ketua Departemen Binsis Administrasi Dr Jovenas M Arnaiz dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Dr Christopher C. Bacungan.

Dalam kunjungan tersebut, Linggar dan Thomas Budi melaksanakan kegiatan perkuliahan  secara intensif pada level pasca sarjana dan sarjana  mengenai topik-topik di bidang akuntansi serta manajemen.

Secara khusus, Linggar  melakukan diskusi dan memberikan kuliah mengenai  Auditing di era Industri 4.0 yang membahas mengenai peluang, tantangan dan keahlian apa yang harus dimilikioleh akuntan maupun auditor dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Thomas Budi memberikan kuliah dengan topik Archipelago Leadership. Mahasiswa pada level pasca sarjana maupun sarjana Faculty of Business SCU sangat antusias mengikuti perkuliahan yang diberikan oleh Linggar dan Thomas Budi. Dosen dan mahasiswa menjadi terbuka wawasannya bahwa akuntan harus berbenah diri dan siap menghadapai perubahan. Selain itu, pada diskusi kepemimpinan archipelago, dosen dan mahasiswa memperoleh pemahaman bagaimana  kepemimpinan di sebuah negara kepulauan  harus dijalankan.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Linggar dan Thomas Budi juga melakukan diskusi dengan dosen dan pejabat di Faculty of Business SCU mengenai topik riset kolaborasi, keberlanjutan student exchange dan lecture exchange, keberlanjutan kerjasama seminar dan konferensi,  serta penjajagan program dual degree antara Faculty of Business University of San Carlos dan FEB Unika Soegijapranata. Selain mengunjungi Downtown Campus yang merupakan kampus untuk School of Business and Economics, Linggar dan Thomas Budi juga sempat melakukan kunjungan ke Talamban Campus yang berlokasi di daerah perbukitan dan merupakan kampus untuk disiplin ilmu selain ekonomi dan bisnis.

Dalam pembicaraan dengan Wakil Rektor Bidang Akademik, Fr. Gaut, Linggar dan Thomas juga membicarakan kemungkinan perluasan kerjasama dengan melibatkan fakultas-fakultas lain seperti Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Arsitektur dan Desain.

Fr Gaut juga menyatakan, adalah suatu kegembiaraan  bisa bekerja sama dengan Unika Soegijapranata dan berencana akan melakukan kunjungan ke Unika Soegiajpranata untuk membicarakan kemungkinan perluasan area kerjasama.

Diharapkan dari kegiatan kunjungan Linggar dan Thomas Budi ke SCU tersebut, Unika Soegijapranata dan secara khusus FEB akan semakin berkibar di dunia internasional. (BLY)

Kategori: ,