FEB Unika Jajagi Kemungkinan Kolaborasi dengan Tunghai University Taiwan
Selasa, 14 Mei 2019 | 12:22 WIB

Pada hari Selasa (7/5) kembali Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata Dr Octavianus Digdo Hartomo bersama tim yang mendampingi yaitu Ketua Program Studi Manajemen Dr Widuri Kurniasari, Ketua Program Studi Akuntansi Dr Monika Palupi, Ketua Program Magister Manajemen Dr. Agatha Ferijani,  ditemani oleh Dr Angelina Ika Rahutami, meneruskan misi kerjasamanya di Taiwan.

Kunjungan kali ini adalah ke Tunghai University, salah satu universitas Kristen terbesar dan first American university di Taichung.

Dalam kunjungan tersebut rombongan disambut oleh tiga college yang menerima mereka dengan antusias dan kooperatif.

Kunjungan pertama adalah ke Management College yaitu sebuah sekolah Manajemen yang terakreditasi oleh AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) dan merupakan 5% sekolah manajemen terbaik di dunia.

Dalam kunjungan tersebut tim FEB Unika bersama Shu-Hsing Li, PhD – dekan Management College sekaligus Presiden Ikatan akuntan Taiwan, bersama Donald Gotcher (Dept. of International Business Chairman), dan Huang, Yen-Tsung PhD (Dept. of Business Administration Chariman) mendiskusikan kemungkinan kerjasama terutama untuk visiting professor dan penyelenggaraan seminar akuntansi Asia di Semarang pada tahun 2022.

Pada sesi makan siang seluruh tim FEB Unika dijamu oleh Social Science College, yang saat ini menjadi host bagi Dr Ika Rahutami selama 3 bulan di Tunghai.

Dekan Social Science College, Dr. Chen bersama tiga dosen yang mendampingi menyambut baik kemungkinan-kemungkinan terjadinya kerjasama terutama dalam kolaborasi riset. Hal yang sempat dibahas dan akan ditindaklanjuti pada semester ini adalah kolaborasi riset untuk bidang finance dan makro ekonomi. Hal ini tentunya akan membawa manfaat besar bagi dua pihak karena Taiwan merupakan salah satu contoh keberhasilan pembangunan ekonomi di dunia.

Pada sore hari, masih dengan semangat yang sama untuk kemajuan FEB, tim diundang untuk berdiskusi dengan International College. Pertemuan singkat namun penuh manfaat dengan International College Associate Dean – Dr. James Sims, memberikan peluang besar untuk adanya credit transfer selama satu semester sampai satu tahun bagi mahasiswa S1, karena pembelajaran di International College dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Dalam perjalanan pulang kembali ke dormitory, tim FEB percaya ini adalah awal yang baik. Dibutuhkan kerja keras untuk mempersiapkan FEB – itu adalah keniscayaan. Dengan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, dan juga mengembangkan segenap civitas akademika, tim FEB yakin bahwa rintisan kerjasama ini tidak akan sia-sia. (Reported by –air-)

Kategori: ,