Fakultas Psikologi Tanamkan Nilai Kepemimpinan Melalui LKTD
Selasa, 14 Mei 2019 | 15:18 WIB

Kronik, Semarang – Fakultas Psikologi telah melaksanakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) 2019 dengan tema ‘Serve Others To Serve Yourself’ melalui beberapa tahap, yaitu Pra, Play, dan Pasca. Pra LKTD dilaksanakan pada tanggal 20 April 2019, kemudian Play LKTD dilaksanakan pada tanggal 26-28 April 2019, dan Pasca LKTD yang dilaksanakan pada 10 Mei 2019.

Mengenai tempat pelaksanaan acara, Immanuel Alfa Karunia atau sering disapa Alfa sebagai anggota divisi acara LKTD Psikologi 2019 menuturkan bahwa ada dua tempat yang digunakan pada LKTD tahun ini. “Untuk Pra dan Pasca kita melaksanakannya di kampus, yaitu Pendopo Ignatius dan Ruang 403 Gedung Antonius. Sedangkan untuk Play sendiri kita melaksanakannya di Rumah Revolusi Mental ‘Wahana Cipta Sinatria’ Karanganyar,” jelasnya.

Lebih lanjut Alfa menuturkan dalam kegiatannya LKTD Fakultas Psikologi lebih memilih penggemblengan dengan cara kognitif dan konsep pemimpin sebagai pelayanlah yang berusaha diusung panitia. Dari situ menurutnya muncul tema ‘Serve Others To Serve Yourself’, melayani sesama sebagai bentuk pelayanan akan dirimu.

“Filosofi yang berusaha dibangun dari tema yang ada ialah bahwa seorang pemimpin itu pada esensinya adalah pelayan. Fungsi pemimpin yang utama ialah melayani. Itu jati diri pemimpin yang utama,” tambah Alfa.

Maka baginya dinamika yang berusaha dibangun panitia ialah penanaman esensi pada diri peserta melalui tema yang dibawakan pembicara. Penanaman esensi itulah yang menurut Alfa menjadi intisari LKTD. “Namanya saja kan LKTD, Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar. Karena menjadi dasar, maka yang perlu dilakukan ialah pembangunan dasar itu sendiri. Dasar itulah yang akan menjadi pijakan bagi peserta dalam berdinamika aktif sebagai pemimpin nantinya,” jelas Alfa.

Untuk memperdalam dan memperkuat karakter yang diharapkan, dalam LKTD Psikologi 2019 ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain Agustina Sulastri  SPsi PhD Psikolog, Monika Windriya Satyajati SPsi MPsi Psikolog, Mas Ekik, Mbak Bonbon dan Mas Rio.

Mengenai materi yang disampaikan pun lebih ditekankan pada nilai-nilai terkait pemahaman diri sendiri, peduli pada orang lain, kemampuan mendengar yang baik dan memformulasikannya kepada yang lain, serta yang terakhir adalah tangguh bersama.

Semua nilai-nilai yang dibawakan melalui ceramah dan dinamika kecil akhirnya dielaborasikan melalui dinamika Team Building yang dibawakan oleh Student Training Center (Sunrice).

Akhirnya, Alfa berharap bahwa setelah mengikuti LKTD ini teman-teman Fakultas Psikologi mampu menjadi kader-kader yang dapat melayani mulai dari lingkup fakultas, universitas, hingga di luar fakultas dan universitas. “Nilai-nilai itulah yang nantinya membentuk teman-teman menjadi manusia,” pungkasnya. (ffi)

Kategori: ,