Atasi Sampah, Semarang Bakal Bangun PSEL
Rabu, 8 Mei 2019 | 10:27 WIB

KR 8_05_2019 Atasi Sampah Semarang Bakal Bangun PSELUnika Soegijapranata Semarang menggelar seminar tentang persoalan sampah plastik di kampus setempat. Pembicara di antaranya Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang Drs Hartana Subekti MSi, Dr Ir Djoko Suwarno MSi (Dekan Fakultas Teknik Unika), Inneke Hantoro STP MSc (Peneliti Fak Teknologi Pangan) Unika) dan dr Phenny Porlury MMed Ed (Kedokteran Unika). Para pembicara bersepakat perlu tindakan nyata mengurangi dan mengatasi sampah plastik di Indonesia. Selain itu perlunya masyarakat membatasi penggunaan plastik untuk keperluan sehari-hari, termasuk kantong plastik belanja. Juga melakukan upaya pengolahan sampah plastik secara baik.

Menurut Hartana, Kota Semarang saat ini cukup bagus dalam pengelolaan sampah. Sampah dipakai untuk pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Caranya sampah ditimbun sampai menjadi gas metan, kemudian dipergunakan untuk menghidupkan turbin penghasil listrik. Dan mulai tahun depan dibangun pengolahan sampah yang Iebih modern dengan PSEL atau pengelolaan sampah menjadi energi listrik.

Cara baru nantinya sampah di TPA akan langsung masuk mesin untuk jalankan turbin penghasil energi listrik, tidak perlu nunggu ditimbun dulu. Tahun ini Detail Engineering Design (DED) PSEL sudah dibuat pemkot Semarang.

► Kedaulatan Rakyat 8 Mei 2019

Kategori: