Unika Luncurkan Aplikasi DUTA Saat Wisuda
Sabtu, 27 April 2019 | 14:06 WIB

Ada sedikit yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan Wisuda Periode I tahun 2019 Unika Soegijapranata pada Sabtu (27/4) ini, yaitu dilaksanakannya acara pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas Katolik Soegijapranata (Ika Soepra) Periode 2019 sampai dengan tahun 2022, ditengah-tengah acara wisuda.

Acara wisuda diselenggarakan di Auditorium Unika Soegijapranata, gedung Albertus lantai 3 dan mewisuda sekitar 512 wisudawan dari 18 Program Studi di lingkungan kampus Unika.

Dalam sambutannya, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC kembali memperkenalkan aplikasi baru yang mulai digunakan di Unika yaitu aplikasi DUTA ( Dukungan Kita).

“Dalam wisuda kali ini ada beberapa hal yang saya sampaikan. Yang pertama adalah diluncurkannya aplikasi DUTA yang merupakan bagian dari transformasi yang dilakukan oleh Unika mulai sejak tahun 2017. Melalui aplikasi DUTA ini diharapkan dapat menggalang kolaborasi banyak pihak untuk mendukung anak-anak muda di Unika yang berprestasi bagus, punya suatu hal yang baik, sehingga bisa didukung atau nantinya mereka bisa lulus sesuai dengan keinginannya,” jelas Prof Ridwan.

“Hal lain kita sekarang memasuki era yang disebut masyarakat 5.0 atau Society 5.0. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Industri 4.0, dan ada tiga hal yang berperan yaitu kecerdasan buatan, big data dan internet of things atau semua perangkat terhubung dengan internet. Dari sana kekuatannya adalah bagaimana interkoneksi data itu dapat dipergunakan untuk pengambilan keputusan, memudahkan dunia bisnis, dan memudahkan masyarakat dalam hidup sehari-hari. Nah..di Unika Soegijapranata hal tersebut sudah terjadi. Artinya aktifitas para mahasiswa selama perkuliahan itu direkam dalam sistem informasi di Unika dan tersertifikasi serta terverifikasi, yang nantinya diolah dan disajikan pada saat mereka kemudian hari berhubungan dengan dunia kerja,” terang Prof Ridwan.

Lebih lanjut Prof Ridwan juga menerangkan bahwa teknologi di masa sekarang atau masyarakat 5.0, itu harusnya dapat memudahkan kita untuk memutuskan sesuatu atau mengambil keputusan, sehingga Unika sendiri sudah memulai sejak tahun 2017 hingga sekarang, untuk keperluan pengembangan Unika Soegijapranata di masa depan. (fas)

Kategori: ,