Teknik Elektro Unika Bahas Pnuematic Dalam Diskusi Serialnya
Jumat, 26 April 2019 | 15:35 WIB

Kamis (25/4), Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata kembali menggelar Serial Diskusi Ilmiah yang ke-2 yang bertempat di ruang 5.1.6 Gedung Justinus, Unika Soegijapranata.
Dalam diskusi kali ini, tema yang dibahas adalah “Pneumatic” dengan menghadirkan narasumber Mikael Tarsono dari PT. Sinergi Multi Citramas yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Pneumatic terbesar dan berlokasi di Semarang.
Diskusi Ilmiah ini dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 yang dihadiri oleh para mahasiswa Prodi Teknik Elektro Unika Soegijapranata dari perwakilan berbagai angkatan, mulai dari angkatan 2018 sampai angkatan 2014. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan ilmu baru yang belum mahasiswa dapatkan selama perkuliahan, dan langsung disampaikan oleh ahlinya.
Dalam pemilihan tema, Kevin Candra (2016), selaku koordinator dalam kegiatan ini mengungkapkan alasannya. “Alasan mengangkat tema ‘Pneumatic’ dalam Diskusi Ilmiah kali ini karena di dalam dunia industri saat ini, hampir semua mesin dan peralatan yang digunakan oleh industri menggunakan prinsip Pneumatic. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika mahasiswa sudah dibekali pengetahuan tersebut mulai dari sekarang,” terang Kevin Candra.
Pneumatic sendiri berasal dari kata dasar “pneu” yang berarti udara tekan dan “matic” yang berarti ilmu, yang secara lengkap Pneumatic berarti ilmu atau hal-hal yang berhubungan dengan udara bertekanan.
Dalam Diskusi Ilmiah ini, Mikael Tarsono, sebagai pemateri, menjelaskan dengan detail macam-macam rangkaian alat Pneumatic, fungsi dan cara kerja dari setiap komponen yang ada didalamnya, serta jenis supply energinya. Tidak hanya menjelaskan secara teori saja, namun pihak PT Sinergi Multi Citramas juga mempraktekannya langsung dengan menggunakan alat peraga, sehingga mahasiswa dapat memahami ilmu yang diberikan dengan sangat jelas.
“Harapannya dengan adanya Diskusi Ilmiah ini, Prodi Teknik Elektro Unika Soegijapranata dapat sekaligus menjalin kerja sama dan relasi yang baik dengan PT. Sinergi Multi Citramas baik dalam hal akademik maupun bisnis, dimana jika suatu saat Unika membutuhkan membeli peralatan Pneumatic dapat bertanya-tanya dan memesan langsung di PT. Sinergi Multi Citramas,” pungkas Kevin Candra.(Tata)

Kategori: ,