Pencari Kerja Job Fair Unika Ke-29 Bisa Melamar Tanpa Surat Lamaran
Senin, 8 April 2019 | 7:52 WIB

image

Inovasi demi inovasi berbasis teknologi terus dikembangkan oleh Unika Soegijapranata untuk memberikan kemudahan bagi manusia. Satu di antaranya inovasi berbasis aplikasi yang dapat diunduh di smartphone bagi pencari kerja pada job fair ke- 29 perguruan tinggi tersebut.

Kepala UPT Soegijapranata Student Career Center (SSCC) Yuliana Sri Wulandari menyatakan, pencari kerja dibantu teknologi dapat menggunggah lamaran dan mengisi data curriculum vitae. Lamaran dan data curriculum vitae diunggah melalui aplikasi yang disediakan Unika Soegijapranata pada saat pencari kerja datang ke area job fair yang akan digelar pada 11-12 April 2019 mendatang.

"Dengan aplikasi tersebut pencari kerja dapat memindai barcode perusahaan yang ingin dilamar, sehingga secara otomatis surat lamaran dan data curriculum vitae masuk ke dalam data perusahaan yang bersangkutan. Setiap perusahaan memiliki barcode yang berbeda dan data hanya bisa dilihat oleh perusahaan serta pihak penyelenggara," kata Yuliana di Unika Soegijapranata, Jumat (5/4).

Aplikasi ini mempermudah pencari kerja yang belum membuat lamaran atau kekurangan surat lamaran, selain mengurangi penggunaan kertas. Meski demikian SSCC yang menyelenggarakan job fair dari tahun ke tahun, juga menyediakan mesin fotokopi yang dapat dimanfaatkan pencari kerja untuk memperbanyak dokumen.

Job fair kali ini SSCC hanya menargetkan 30 perusahaan yang berpartisipasi, tetapi ternyata ada 37 perusahaan yang mau berpartisipasi. Untuk peserta, pihaknya menargetkan 2 ribu pencari kerja hadir dalam pelaksanaan job fair kali ini. Ia menambahkan, pencari kerja yang mendatangi job fair tidak dipungut biaya sepeser pun.

https://www.suaramerdeka.com

Kategori: