Pedestrian Justru Menarik Wisatawan
Senin, 8 April 2019 | 10:41 WIB

TRB 8_04_2019 Pendestrian Justru menarik WisatawanDJOKO SETIJOWARNO DOSEN FAKULTASTEKNIK PRODI TEKNIK SIPIL UNIKA SOEGIJO PRANATA

FASILITAS travelator berfungsi mempercepat mobilitas, misalnya ada di stasiun dan airport. Dan, penempatannya, biasanya di ruang tertutup.

Penempatannya di ruang terbuka tak hanya menambah ongkos pembangunan tapi butuh biaya perawatan mahal. Keberadaan travelator di ruang terbuka juga memiliki risiko tinggi, semisal terkena debu dan hujan.

Sementara, konsep pedestrian, sebenarnya tidak untuk berjalan cepat melainkan lebih kepada menikmati perjalanan, seperti halnya berwisata. Wisatawan lebih bisa menikmati pemandangan, kanan kiri, dan memotret gedung-gedung, saat berjalan perlahan di pedestrian.

Berjalan di pedestrian mendorong masyarakat lebih menikmati perjalanan, seperti bule-bule yang lebih senang berjalan kaki sembari menikmati suasana sekitar pedestrian. Jadi, tidak perlu cepat menggunakan travelator.

Yang justru diperlukan adalah, memperpanjang pedestrian. Ini lebih bermanfaat agar masyarakat tidak berjalan di jalan raya yang dapat memicu kecelakaan.

â–ºTribun Jateng 8 April 2019 hal. 10

Kategori: ,