Mahasiswa Unika Terbitkan Buku
Sabtu, 13 April 2019 | 14:31 WIB

Mahasiswa Sistem Informasi Unika berfoto bersama dosen pendampingnya

 

Satu lagi karya mahasiswa program studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata kembali terukir dalam buku “Mudah Membuat Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat” yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dari Kelompok Kompas Gramedia.

Para mahasiswa tersebut adalah Jason Canggayuda, Devina Gunadi dan Simeon Bensona. Ketiga mahasiswa tersebut menulis buku terkait pembuatan aplikasi pemasaran digital tersebut bersama Prof Ridwan Sanjaya.

Dua diantara tiga mahasiswa tersebut ketika diwawancarai  sempat mengungkapkan proses awalnya mereka menulis buku.

“Buku yang kami buat awalnya adalah bagian penelitian Prof Ridwan Sanjaya. Waktu di dalam kelas Prof Ridwan sempat menanyakan kepada mahasiswa yang mau dan berminat menulis buku. Mendapat tawaran tersebut, saya dan teman saya Benson memberanikan diri untuk menjawab tawaran itu.  Selanjutnya kami dibagi materi, saya materi mengenai website sedangkan Benson di bagian pembayaran online,” terang Jason.

“Ada perasaan bangga dan tertantang untuk terlibat dalam penelitian dengan Prof Ridwan yang akan dijadikan buku. Namun kenyataan tidak semudah yang kita pikir, bahkan sempat mengalami penurunan semangat dan antusiasme. Tetapi berkat dukungan dan dorongan oleh Prof Ridwan, kami bangkit lagi hingga akhirnya bisa selesai seperti sekarang,” unggapnya bangga.

“Sebetulnya jika kami tetap antusias dalam proses pembuatan buku maka dalam waktu sekitar enam bulan, buku tersebut sudah jadi. Namun karena ada kendala malas dan kurang semangat akhirnya baru selesai setelah satu tahun,” ucapnya.

“Namun dengan selesainya buku ini, justru kami ingin menulis buku lainnya. Ada beberapa alasan kenapa muncul keinginan itu, yang pertama kami mendapat banyak ilmu baru yang tidak didapatkan selama kuliah. Bahkan rasanya kami lebih mahir daripada sebelumnya. Saat buku ini terbit, ada perasaan senang dan antusias,” ungkap Jason.

Hal serupa juga dirasakan Devina Gunadi dalam proses penulisan buku. “Perasaan dan keinginan belajar menjadi modal awal bagi saya saat terlibat dalam penulisan buku ini. Mengingat pada awalnya saya awam dalam hal teknologi informasi, namun karena memang sejak masuk program studi Sistem Informasi saya mulai dikenalkan dari awal dengan teknologi yang sedang ngetrend, maka hingga sekarang tidak banyak mengalami kesulitan. Hal lain, banyak teman yang mendukung dalam perkuliahan sehingga semakin membantu saya dalam studi,” jelasnya.

“Pada semester dua sempat diajak oleh Prof Ridwan untuk menangani website Ngesti Pandawa. Di situ saya merasa sangat senang, karena Ngesti Pandawa merupakan seni tradisional yang orangtua saya juga senang. Ditambah teman-teman juga mendukung. Maka berlanjut dari situ saya diminta membantu dalam penulisan buku ini, dan diminta menangani Chatbot-nya,” lanjutnya.

“ Hal lain, orangtua saya juga suka nulis buku. Jadi saat mengetahui saya sedang menulis buku,  orangtua juga mendukung dan semakin bangga tatkala bukunya benar-benar sudah jadi,” pungkasnya. (fas)

Kategori: ,