Kuati Psikologi Satu Dengan Sinergi 2019
Sabtu, 6 April 2019 | 13:49 WIB

Pertandingan futsal putri dalam POPSI hari pertama (4/4/2019)

Civitas akademika Unika Soegijapranata tentu tidak asing dengan kata sinergi, karena tema karya Unika Soegijapranata untuk tahun 2018 – 2019 ada unsur sinergi-nya yaitu Keterlibatan Sinergis. Meski demikian walau menggunakan kata Sinergi, tetapi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Psikologi Unika Soegijapranata ini, kata Sinergi mempunyai arti yang berbeda karena Sinergi merupakan kependekan dari ‘Ekspresi seni dan olahraga warga psikologi.’

Berkaitan dengan hal itu, pada hari Senin (1/4) bertempat di lapangan Albertus Unika, telah diselenggarakan Popsi (Pekan Olahraga Psikologi) hari pertama dan opening ceremony Sinergi 2019 dengan tema “One For Psychology”, yang dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Psikologi bidang Kemahasiswaan Monika Windriya Satyajati SPsi MPsi Psikolog.

Menurut Monika, kegiatan Sinergi yang diselenggarakan tiap tahun ini adalah merupakan wadah bagi warga Psikologi Unika untuk mengekspresikan minat dan bakatnya di bidang seni dan olahraga, dan tujuan kegiatan ini adalah menjalin hubungan dan silaturahmi yang baik antar warga Psikologi Unika Soegijapranata.

“Kami turut mengapresiasi adanya kegiatan non-akademis tapi sangat positif yaitu olahraga yang nantinya ada seni,karena pada saat olahraga kita belajar ketekunan, suportivitas dan bagaimana kita mau menerima keadaan, ketika kita kalah atau ada yang curang atau tidak sesuai dengan keinginan kita,” tutur Bu Monik ketika memberikan sambutannya.

Sementara Leo, sebagai Ketua panitia Sinergi 2019, juga menjelaskan tentang pemilihan tema sinergi dan alasannya. “Latar belakang dipilihnya tema tersebut adalah untuk mengangkat kembali budaya psikologi satu yang dirasakan  mulai memudar. Oleh karena itu kami berupaya untuk membangun kembali semangat psikologi satu tersebut,” jelasnya saat diwawancarai.

“Pada penyelenggaraan Sinergi tahun ini ada yang spesial yaitu digelarnya puncak pentas seni (pensi)  yang akan dikemas dalam konsep keberagaman budaya. Acara ini tidak hanya untuk intern warga psikologi khususnya pensi. Kami juga mengundang teman-teman dari luar fakultas psikologi untuk hadir dan ikut meramaikan acara ini,” terang Leo.

Selain itu Leo juga menambahkan bahwa pada Sinergi tahun ini panitia telah menyiapkan empat  rangkaian acara, diantaranya POPSI (Pekan Olahraga Psikologi), PGT (Psikology Got Talent), BOTR ( Bukber On The Road) dan Pensi SINERGI (acara puncak).

Keseruan pertandingan basket putra dalam POPSI Sinergi 2019

POPSI hari pertama berisikan pertandingan futsal antar angkatan di fakultas psikologi. Pertandingan ini berlangsung seru. Para peserta juga antusias mengikuti pertandingan tersebut. Pertandingan ini dibagi dalam 2 kategori yakni futsal untuk putra dan futsal untuk putri. Hasil akhirnya pertandingan futsal putra dimenangkan oleh angkatan 2018. Dan untuk futsal putri dimenangkan oleh angkatan 2015.

Selanjutnya, pada popsi hari kedua, antusiasme peserta serta penonton pun bertambah karena pada popsi hari kedua diadakan dua pertandingan sekaligus yakni pertandingan badminton dan basket. Dua pertandingan ini diadakan di Sporthall. Pertandingan badminton dilakukan dengan sistem permainan ganda campuran dan yang bermain adalah perwakilan dari setiap angkatan. Hasil akhir pertandingan badminton dimenangkan oleh angkatan 2017. Berikutnya untuk pertandingan basket diadakan dalam dua kategori yakni basket putra dan basket putri. Ketika pertandingan basket dilaksanakan, suasana sporthall menjadi riung gemuruh karena para pemain sangat seru dalam bermain. Mereka satu sama lain saling beradu skill. Hingga pada akhirnya kemenangan bagi basket putra dimenangkan oleh angkatan 2018. Dan bagi basket putri dimenangkan oleh angkatan 2016. (AAT-AS)

Kategori: ,