Keluarga Adalah Motivator Terbaik Dalam Hidup
Selasa, 23 April 2019 | 19:20 WIB

Yosefina Oktaviani Santoso adalah  mahasiswi program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata angkatan 2015 yang terpilih menjadi lulusan terbaik pada Wisuda Periode I tahun 2019. Perempuan yang kerap disapa Fina ini lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,98.

“Title Based Scientific Journal Clustering” adalah judul skripsi yang diangkat perempuan kelahiran Semarang 31 oktober 1997 ini. Dalam pembuatan skripsinya, Fina menceritakan pengalamannya yang tidak mudah dan penuh dengan tantangan. Mulai dari penentuan judul skripsi yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan baru didapatkan ketika mendekati batas waktu penentuan judul skripsi.

“Tema ini sendiri saya dapatkan dalam keadaan kepepet waktu deadline pengumpulan judul skripsi. Dan tema ini saya ambil karena saya merasa tertantang saja”, jelasnya.

Fina menjelaskan munculnya ide tema ini berdasarkan pada sudah banyaknya publikasi jurnal ilmiah yang dipublikasikan namun belum adanya sistem yang mengelompokkan jenis-jenis jurnal ilmiah tersebut. Alhasil, ketika masyarakat umum ingin mengakses suatu jurnal ilmiah dengan tema tertentu sangat sulit untuk ditemukan. Dengan adanya sistem clustering ini maka masyarakat dimudahkan untuk menemukan jurnal ilmiah yang diinginkan.

“Skripsi yang saya buat ini bukan seperti skripsi biasanya yang berisi tentang penemuan atau pengembangan atau analisa tertentu. Skripsi saya lebih kepada pembuatan sistem pengelompokkan atau clustering untuk jurnal-jurnal ilmiah tersebut. Saya ambilkan salah satu contoh, Indonesia telah mempublikasikan sekitar 20 ribu jurnal ilmiah dan itu baru dari Indonesia saja. Kita belum menghitung jurnal-jurnal lain yang telah dipublikasikan oleh negara lainnya. Nah, disini sistem clustering yang aku buat ini supaya orang lebih mudah buat mencari tema tertentu. Kalau misal ditanya skripsi aku tentang apa? bisa dibilang penggabungan big data, text mining, dan clustering,” ungkap Fina yang alumnus SMA Krista Mitra Semarang.

Selain itu, Ia juga menceritakan bahwa selama kuliah di Teknik Informatika (TI) Unika, salah satu hal yang disenangi adalah kebaikan dan keseruan para dosennya yang tidak bisa disandingkan dengan dosen-dosen di fakultas lainnya. Dalam ceritanya, para dosen TI selalu memberikan dukungan berupa canda dan tawa ketika ia sedang mengalami kelelahan.

“Dosen TI tuh baik-baik. Aku waktu semester 7 hectic banget soalnya aku ada kelas, ada asdos (asisten dosen) tiga mata kuliah truss ngelesi , ngerjain project dari luar sambil ngerjain skripsi. Capek banget kan….tapi tiap datang ke ruang dosen adanya itu bercanda sama dosen-dosen jadi lupa sama capeknya karena dosennya baik dan menghibur,”pungkasnya.

Fina juga menceritakan semasa kuliah ia ikut organisasi HMTI yang membuatnya banyak menjadi panitia event dan mendapat banyak sertifikat. Selain itu ia juga mempunyai segudang prestasi yang dihasilkan semasa kuliah. Ia menceritakan semasa kuliah dulu pernah dinobatkan menjadi Student of The Year , kemudian pernah menjadi finalis lomba Anforcom (Annual Informatics Competition), Juara favorit Web Competition dan membuat buku saku elektronik untuk penderita jantung bawaan dalam rangka PKM.

Terakhir, Ia mengatakan bahwa segala yang didapat tersebut tidak akan dapat dicapai tanpa adanya orang tua yang selalu memotivasinya ketika mengalami kesulitan. Hal lain yang selalu memotivasi dirinya adalah prinsip hidup yang ia buat yaitu bahwa percaya akan jalan yang telah disediakan oleh Tuhan dan melakukan yang terbaik dalam menjalankannya.

“Bagi aku, keluarga adalah motivator terbaik ketika sedang down. Dan hal lain yang selalu membuat aku berani untuk menghadapi tantangan adalah prinsip hidupku yaitu selalu percaya sama jalannya Tuhan dan melakukan yang terbaik dalam menghadapinya,”tutupnya.(YBH)

Kategori: ,