Gunakan Sistem Barcode, Unika Job Fair Kembali Digelar
Senin, 8 April 2019 | 10:22 WIB

Kepala UPT SSCC Unika Soegijapranata Semarang Yuliana Sri Wulandari SE didampingi Kepala Humas Unika Yuwono Agus saat memberikan keterangan terkait pelaksanaan Job Fair Unika ke 29 di kampus Bendan Dhuwur Semarang, Jumat (5/4)

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang kembali menggelar pameran kerja atau job fair ke 29 di Kampus Bendan Duwur Semarang, 11-12 April mendatang. Berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun lalu, kali ini panitia penyelenggara akan memperkenalkan sistem barcode, yang diharapkan dapat mempermudah layanan bagi pencari dan pelamar kerja.

“Unika Job Fair kembali kita gelar pada pertengahan April mendatang. Ini merupakan kegiatan pameran yang ke-29, sebagai agenda rutin yang diselenggarakan dua kali dalam tiap tahun. Dari segi jumlah peserta perusahaan ada peningkatan dibanding tahun lalu, yang saat ini ada 37 perusahaan,” papar Kepala UPT Soegijapranata Student Career Center (SSCC) Unika Soegijapranata Yuliana Sri Wulandari SE di kampus Bendan Dhuwur, Jumat (5/4).

Lebih lanjut Yuliana juga menginformasikan bahwa dari 37 perusahaan yang terdaftar dalam job fairke-29 tersebut, ada sebagian perusahaan yang sudah secara rutin ikut dalam kegiatan job fair, seperti misalnya PT MAS Sumbiri, PT Rifan Financindo, PT Bank Central Asia, Indomarco Prismatama, PT Arta Boga Cemerlang dan PT Pura Barutama.

Tidak hanya itu, dalam pameran kali ini, pihaknya juga akan memperkenalkan inovasi baru dalam mempermudah layanan bagi pencari kerja dan pelamar kerja. “Kita akan gunakan sistem barcode, yang digunakan oleh masing-masing perusahaan peserta job fair. Harapannya dengan barcode tersebut, dapat mempermudah pihak perusahaan maupun pencari kerja dalam proses rekrutmen atau mengirimkan berkas lamaran pekerjaan,”lanjutnya.

Caranya cukup mudah, pelamar kerja cukup menyimpan softcopy data lamaran dan berkas pendukung. Nantinya, pada hari pelaksanaan, mereka cukup mem-barcode kode yang ada di masing-masing perusahaan yang dikehendaki. Upload berkas lamaran yang dimiliki, beserta berkas pendukungnya, kemudian file bisa langsung dikirimkan.

“Setiap perusahaan peserta job fair memiliki barcode yang berbeda, jadi tidak mungkin salah kirim. Namun meski demikian bagi para pengunjung atau pencari kerja masih bisa mengajukan dan mengirim lamaran secara manual, ke masing-masing stand perusahaan yang ikut dalam job fair ke-29 Unika Soegijapranata,” imbuhnya.

Untuk mendukung  kelancaran Jobfair ke-29 ini, pihak panitia juga menyediakan fasilitas pendukung, seperti mesin fotocopy, scan, cetak dan keperluan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan job fair. “Pameran ini terbuka untuk seluruh lulusan perguruan tinggi, tidak hanya bagi Unika saja. Selain itu, juga ada lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA dan SMK untuk bidang dan pekerjaan tertentu. Job Fair Unika juga sudah tersertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, sehingga ini event resmi yang terdaftar,”pungkasnya.

http://harianwawasan.com

Kategori: