Dalami Bahasa Sejak SMA
Selasa, 23 April 2019 | 19:16 WIB

Karel, panggilan akrab dari Karel Kristiawan Tejoputro, merupakan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNIKA Soegijapranata angkatan 2015 yang berhasil meraih predikat wisudawan terbaik dari FBS UNIKA Soegijapranata pada Wisuda Periode I pada April 2019 dan lulus dengan pujian dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3.83.

Pria kelahiran Semarang, 11 Mei 1997 ini menyelesaikan tugas akhirnya dengan judul “FLA Students’ Perspective on the Use of English in Product Packaging to Engage Customers”, pemilihan judul ini terinspirasi dari pengamatan pribadinya terhadap harga produk yang berbeda pada tempat yang berbeda, misalkan pada warung kecil, kisaran harga es teh manis maksimal mencapai Rp. 3000, namun pada kafe besar, kisaran harga es teh manis dapat mencapai Rp. 10.000, selain itu tema packaging atau pengemasan ia pilih karena pengemas produk adalah hal pertama yang diperhatikan kebanyakan orang dalam memilih produk, dan ia ingin mengetahui apakah penggunaan bahasa inggris pada pengemas dapat menarik minat pembeli.

Pria yang juga memiliki hobi menonton film dan alumnus SMA Sedes Sapientiae Semarang ini bercerita bahwa awal ia masuk ke Unika Soegijapranata, ia diberi pilihan oleh orangtuanya untuk masuk jurusan akuntansi atau jurusan bahasa, namun karena ia telah menjalani jurusan bahasa sejak dari SMA, ia pun memilih untuk masuk program Englishpreneurship di FBS Unika Soegijapranata.

Karel mengikuti banyak kegiatan selama masa perkuliahannya di FBS Unika Soegijapranata. Ia pernah menjabat sebagai wakil ketua di Badan Eksekutif Mahasiswa FBS dan menjadi penanggung jawab di berbagai acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FBS. Ia juga sering dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Master of Ceremony (MC) di berbagai acara seperti International Conference dan PTMB 2017. Ia mengatakan bahwa kegiatan yang paling berkesan menurutnya adalah PTMB 2017, di mana selain ia mendapat bagian menjadi MC di tingkat universitas, ia juga berkesempatan untuk menjadi penanggung jawab PTMB di fakultas sendiri, meskipun kepanitiaannya terlihat berat namun ia tetap bersemangat untuk menjalani acara dan mengikuti rapat karena ia memiliki rekan panitia yang menyenangkan.

Awalnya, dia tidak menyangka akan mendapat gelar wisudawan terbaik karena ia tidak berencana untuk lulus dengan cepat, namun ia tetap bersyukur karena dapat meraih gelar wisudawan terbaik dan berterima kasih kepada setiap orang yang telah mendukungnya dalam studinya dan penyelesaian studinya yang cepat. Ia berharap, agar ke depannya semuanya dapat berkarir dengan baik dan menjadi orang sukses, terutama bagi mereka yang lulus di Wisuda Periode I yang diadakan pada April 2019 ini.  (Ian)

Kategori: ,