Ciptakan Game Tanaman Buah
Selasa, 23 April 2019 | 19:24 WIB

Sebuah game yang dibuat secara khusus untuk mengenal jenis tanaman buah telah diciptakan oleh wisudawan terbaik program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata.

Khoirul Fikri Shona atau sering disapa Khoirul telah menyelesaikan skripsinya dengan meneliti dan merancang sebuah game dengan judul “Game Dr.Plant Hortikultura (Tanaman Buah) Berbasis Android Di Hortimart Agro Center,” dan berhasil berhasil menyelesaikan studinya serta meraih prestasi sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3,81.

Anak kedua dari tiga bersaudara putra pasangan Shodik dan Siti Muawanah ini, sempat memaparkan pengalamannya sebelum merancang game untuk skripsinya.

“Saya sebelumnya pernah bekerja paruh waktu di Hortimart Agro Center, kebetulan lokasi perusahaannya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Di sana saya tahu jika di Hortimart membutuhkan media untuk promosi sekaligus bisa dijadikan panduan untuk mengenal berbagai tanaman buah yang ada di sana oleh pengunjung. Selanjutnya saya berkonsultasi dengan pihak perusahaan apakah diperbolehkan jika membuat game tentang tanaman buah dan disetujui oleh pihak perusahaan, maka selanjutnya saya semakin mantap merancang game ini,” jelas Khoirul yang alumnus SMK Negeri 11 Semarang.

“Selain itu ketika saya lihat di google playstore ternyata yang banyak muncul adalah game tentang berkebun, sedangkan game tentang tanaman hampir tidak ada. Hal itu semakin mendorong saya untuk merancang game sesuai dengan rencana saya,” imbuhnya.

“Dalam pembuatan game ini saya kerjakan sendiri sekaligus bimbingan dengan pembimbing skripsi saya yaitu Albertus Dwiyoga MKom dan Dr Bernardinus Harnadi MT,” ucapnya.

Saat ditanya awal mula kenapa memilih program sistem informasi Unika, Khoirul tampak mengingat kembali kenangannya saat memilih program studi setelah lulus SMK. “ Saya dulu banyak belajar desain percetakan sewaktu di SMK, dan hal itu mendorong saya untuk mencoba bidang lain di luar percetakan, makanya saya pilih studi di Sistem Informasi dan bersyukur sekarang bisa terpilih menjadi wisudawan terbaik,” terang Khoirul.

Khoirul juga menambahkan jika setelah lulus nanti ingin terjun ke pekerjaan di bidang analisis, karena bidang analisis biasanya mencakup ke pengembangan juga. Dan ternyata Khoirul juga sudah punya ancang-ancang untuk masuk ke beberapa perusahaan yang diminatinya.

Pada akhir wawancara, Khoirul membagikan resep kesuksesannya dalam studi hingga terpilih menjadi wisudawan terbaik.

“Kalau yang saya lakukan sebenarnya tidak ada yang istimewa, hanya setiap ada tugas yang harus saya kerjakan saya selalu mengumpulkannya tepat waktu. Meskipun sulit atau belum tahu hasilnya seperti apa, yang penting selalu tepat waktu. Hal lainnya, sebenarnya skripsi itu juga tidak sulit, yang sulit adalah melawan malasnya, karena dalam pembuatan skripsi kita tidak ada deadline seperti membuat tugas, jadi musuh yang paling berat adalah melawan diri sendiri,” ungkapnya.

“Dan segala hal hendaknya dilakukan dengan sabar, ikhlas dan berusaha untuk tepat waktu,” tutupnya. (fas)

Kategori: ,