Berdamailah Dengan Diri Sendiri
Selasa, 23 April 2019 | 10:44 WIB

Hidup ini bagaikan ombak, terkadang harus naik dan terkadang harus turun mengikuti pola perjalanan. Hal itulah yang dirasakan oleh Vivi yang merupakan wisudawan terbaik dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata, dengan IPK 3,65.

Vivi berkelakar bahwa ia sudah menentukan target kapan untuk ujian proposal hingga perencanaan untuk ujian skripsi. Namun target yang semua dibuat meleset dari perkiraannya, dan ia harus mundur dari targetnya,

“Mundur dari target itu bikin aku down banget, tapi aku berusaha buat bangkit lagi karena menurutku sedih itu tidak akan menyelesaikan masalah. Walaupun mundur target untuk ujian proposal dan skripsi, namun targetku yang satu lagi yaitu bisa wisuda di bulan April bisa terpenuhi. Hal itulah yang membuat aku kembali belajar bahwa boleh manusia berusaha namun kembali lagi, Sang Pencipta yang akan menentukan.”

Hal yang selalu menjadi pedoman Alumnus SMA PL Santo Yohannes Ketapang bahwa semua harus selalu disyukuri dan berdamailah untuk semua hal yang dilalui, mau itu baik ataupun buruk karena disetiap hal yang dilalui pasti ada sesuatu yang dapat dijadikan pelajaran dan berharga untuk masa yang akan datang. Ia menyadari bahwa setiap proses yang dialami tidaklah selalu mulus, namun ia belajar untuk berdamai dengan diri sendiri untuk menerima setiap proses yang ada.

Dalam menyelesaikan studinya, Vivi memilih judul skripsi “Analisis Faktor Perpindahan Merek (Brand Switching) Yang Dilakukan Oleh Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA”.

“Aku sendiri belajar bahwa menerima setiap proses yang terjadi dalam kehidupan. Sangat bersyukur ketika mendapat dukungan dari saudara, Orangtua, kekasih serta teman-teman yang ada saat saya down. Pengalaman yang saya alami juga saya syukuri sebagai bagian dari kehidupan. Bagi yang sedang berjuang dalam menempuh skripsi, jangan terpuruk pada kesulitan namun bagaimana kita untuk struggle dengan ambisi kita. Jangan takut untuk melawan ketakutan dan keraguan,” ucapnya.

Banyak pengalaman membuat diri semakin terasah baik dari segi emosi, kognitif hingga perilaku. Tercatat ia pernah aktif dalam organisasi dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis hingga mengikuti kegiatan sebagai Student get Students Unika Soegijapranata. (Ign)

Kategori: ,