22 Mahasiswa FBS Pelajari Budaya Karimunjawa melalui KKL
Selasa, 9 April 2019 | 12:46 WIB

Peserta KKL FBS di Karimunjawa

Selain mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Thailand, 22 mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata program studi Sastra Inggris angkatan 2016 juga mengadakan KKL ke Kepulauan Karimunjawa selama empat hari; 1 Maret 2019 – 4 Maret 2019. Pada KKL ini, para mahasiswa didampingi oleh B. Retang Wohangara, S.S., M.Hum sebagai Dekan FBS Unika Soegijapranata dan salah satu dosen lain yakni Yosaphat Yogi Tegar Nugroho, S.Sn., M.A.

Salah satu peserta KKL Karimunjawa, Devina Eka Putri menuturkan bahwa pada saat KKL para mahasiswa mempelajari sejarah serta budaya Karimunjawa. “Jadi pada saat itu mahasiswa terbagi dalam beberapa kelompok. Nah, kebetulan kelompokku mempelajari kebudayaan serta sejarah  Desa Bugis yang ada di sana. Contohnya, di sana itu ada sebuah ritual yang dilakukan oleh para nelayan sebelum berlayar menempuh jarak jauh. Tujuannya supaya mereka selamat”, jelas Devina.

Dengan adanya KKL ke Karimunjawa ini, Devina berharap dapat memberi manfaat bagi para mahasiswa. “Kan setiap tahun destinasi KKL itu berbeda – beda. Seperti tahun lalu, KKLnya ke Jakarta Post itu kan mempelajari tentang dunia kerja kalau yang ke Karimunjawa ini mempelajari budaya. Jadi semoga dengan adanya KKL itu dapat dimanfaatkan secara baik oleh para mahasiswa tidak sekedar untuk jalan – jalan”, tandas Devina.

Kategori: ,