TAX CENTER UNIKA TURUT AMBIL BAGIAN DALAM KEGIATAN RELAWAN PAJAK
Kamis, 21 Maret 2019 | 11:47 WIB

Para Mahasiswa Unika yang terlibat dalam relawan pajak

 

Seperti Tax Center di perguruan tinggi pada umumnya, Tax Center Unika Soegijapranata yang dikelola di bawah Program Studi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, memiliki fungsi sebagai pusat pengkajian, penelitian, pelatihan dan sosialisasi perpajakan di lingkungan perguruan tinggi dan masyarakat yang dilakukan secara mandiri.

Sebagai salah satu bentuk penerapan bidang keilmuannya, saat ini Tax Center Unika Soegijapranata mendapat kesempatan untuk membantu Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah I mendampingi Wajib pajak (WP) dalam melaporkan pajak penghasilan orang pribadi di kantor pajak wilayahnya dalam program nasional Relawan Pajak 2019.

Ketua Tax Center Unika Soegijapranata, Rini Hastuti SE MSi Akt menerangkan  tentang kegiatan relawan pajak yang diikuti oleh 14 mahasiswa Unika terseleksi.

“Program relawan pajak ini adalah program nasional dari DJP Pusat. Pilot projectnya sebenarnya tahun lalu untuk wilayah DKI, dan pada tahun ini baru pertama kalinya kegiatan relawan pajak yang bekerja sama dengan Tax Center masing-masing universitas diberlakukan di seluruh Indonesia,” terang Rini Hastuti.

“Oleh karena itu kami diundang dan ditawari oleh kanwil DJP Jateng I bersama Tax Center dari perguruan tinggi lainnya. Menanggapi tawaran itu, Tax Center Unika menyatakan bersedia untuk terlibat dalam program relawan pajak di wilayahnya. Undangan ini sebenarnya cukup mendadak maka kami segera mengadakan publikasi dan perekrutan mahasiswa. Dan ternyata animo mahasiswa untuk terlibat dalam relawan pajak cukup tinggi sehingga kami hanya membuka open recruitment selama dua hari saja (50 mahasiswa). Seleksi cukup ketat kami terapkan, mulai dari seleksi administrasi, wawancara, kepesertaan dalam training, dan tes tertulis. Berikutnya terpilihlah 14 mahasiswa Unika yang siap bertugas dalam relawan pajak di Kanwil DJP Jateng I,” imbuhnya.

Para peserta relawan pajak berfoto bersama ketua Tax Center Unika serta para dosen dan trainer perpajakan Unika

 

Lebih lanjut Rini Hastuti juga menjelaskan tentang persiapan yang dilakukan mahasiswa relawan pajak Unika, diantaranya mengikuti pelatihan yang diberikan oleh beberapa dosen FEB Unika dengan materi meliputi  Kesadaran pajak, Code of conduct, Perpajakan (PPh OP: teori sampai dengan praktik pengisian SPT), dan communication skill.  Sementara pihak Kanwil DJP Jateng I memberikan penekanan materi terkait kode etik.

Dalam pelaksanaan tugasnya, para relawan pajak ini membantu dan mendampingi wajib pajak orang pribadi melaporkan pajaknya sampai dengan batas akhir pelaporan pajak, yaitu 30 Maret 2019. Sehingga mereka bertugas selama satu bulan di beberapa Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yakni di KPP Semarang Barat, KPP Semarang Timur, KPP Semarang Selatan, KPP Semarang Tengah I, KPP Semarang Tengah II, dan KPP Candisari.

Salah satu peserta relawan pajak dari Tax Center Unika, Marcelino yang masih studi di prodi Perpajakan Unika mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap diadakannya kegiatan relawan pajak.

“Menurut saya pelaksanaan relawan pajak ini sangat bagus karena merupakan program yang inovatif serta dapat diterima masyarakat dengan baik. Melalui program ini kami bersama dengan  universitas lain se-Jawa Tengah melayani masyarakat dalam pelaporan spt 1770 S dan 1770 SS. Respon dari masyarakat juga sangat baik dan mendukung diadakannya program ini. Selain itu, kami dari mahasiswa peserta relawan pajak juga merasa sangat puas sebab melalui program ini kami dapat mempraktekkan ilmu yang kami dapat  untuk melayani masyarakat serta menunjukkan bahwa mahasiswa ada untuk masyarakat serta mendapatkan koneksi yang tidak terbatas. Untuk kendala yang  dihadapi, sampai saat ini kami tidak ada kendala yang berarti, karena dari Kanwil, KPP, dan Tax Center mendukung kami sepenuhnya untuk melaksanakan pelayanan sebagai relawan pajak,” kata Marcel. (fas)

Kategori: ,