Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula di Kampus Unika
Jumat, 29 Maret 2019 | 16:12 WIB

Pembicara dari KPU Suyanto SH MH saat memaparkan materinya

 

Pada hari Kamis (28/3) telah diselenggarakan acara talk show sosialisasi Pemilu dengan tema “Pemilih Pemula Jangan Golput” di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas lantai 3 kampus Unika. Acara yang berlangsung atas kerjasama Unika Soegijapranata, Radio Republik Indonesia (RRI) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini berhasil mengundang lebih dari 300 peserta dari mahasiswa Unika.

Dalam acara ini hadir pembicara dari KPU Suyanto SH MH, dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Dr Antonius Maria Laot Kian, serta mahasiswa FHK Unika Ambrosius Wahyu Aryono Nugroho.

“Sosialisasi ini kita adakan sebagai wujud komitmen kami agar para pemilih muda dan pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada saat Pemilu 17 April besok yang sangat menentukan masa depan Indonesia. Pemilih muda dan pemilih pemula adalah mereka yang saat ini berada di jenjang kelas 3 SMA serta yang sudah duduk di perguruan tinggi,” ungkap pembicara dari KPU, Suyanto dalam sesi acara.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini dengan turut mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada para narasumber.

Dalam acara tersebut, Dr Anton juga menyampaikan arti penting generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam pemilihan umum. “Unika Soegijapranata sebagai institusi pendidikan perguruan tinggi memiliki motto yang terinspirasi dari Mgr Soegijapranata sebagai patron, yakni 100% katolik 100% Indonesia atau bisa diringkas 100% beragama 100% bernegara. Maka dari itu, Unika berusaha membangun kesadaran para mahasiswa untuk menggunakan hak pilihnya.”

Sementara itu, Ambrosius Wahyu atau yang akrab disapa Awang, menyampaikan pandangannya mengenai antusiasme pemilih pemula. “Melihat dinamika saat ini, forum diskusi serupa juga diadakan di tingkat fakultas dan dihadiri oleh cukup banyak peserta dari teman-teman mahasiswa. Ini menandakan antusiasme pemilih pemula yang sebenarnya cukup besar. Forum seperti ini sangat berguna karena melalui forum ini, kita bisa menangkap pesan dari generasi milenial,” ungkapnya.

Dalam acara ini disampaikan pula oleh KPU penjelasan teknis untuk Pemilu 17 April mendatang meliputi sosialisasi bentuk surat suara dan sah atau tidaknya surat suara. Acara talk show sosialisasi Pemilu ini juga disiarkan secara langsung oleh RRI pada frekuensi 95.3 FM PRO 2 FM.(B.Agth)

Kategori: ,