PROFESOR JERMAN KULIAH UMUM DI SISTEM INFORMASI UNIKA
Jumat, 8 Maret 2019 | 8:32 WIB

Prof Dr Ekkehard Schneider saat memaparkan materinya dalam acara Kuliah Umum Prodi Sistem Informasi, Rabu (6/3/2019)

 

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Unika Soegijapranata kembali mengadakan kuliah umum untuk mengawali perkuliahan di semester Genap tahun akademik 2018/2019.

Kuliah umum yang diselenggarakan dengan tema “Coding Theory And Its Implementation” ini, mengundang Prof Dr Ekkehard Schneider sebagai pembicara yang memiliki latar belakang sebagai Guru Besar di Departement of Informatics, Communication and Economic, Hochschule für Technik und Wirtschaft (HTW) Berlin, Jerman.

Dalam kuliah umum yang diselenggarakan pada hari Rabu (5/3) ini, Ketua Prodi Sistem Informasi Bernardinus Harnadi, Ph.D. menjelaskan bahwa para mahasiswa dalam proses studinya tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan di perkuliahan saja, tetapi para mahasiswa juga dibukakan wawasannya supaya bisa berkembang lebih baik untuk tingkat lokal maupun global.

“Kuliah umum kita selenggarakan setidaknya satu tahun sekali yang bertujuan untuk membekali ilmu para mahasiswa dengan berbagai hal terkait Teknologi Informasi. Kuliah Umum kali ini yang membahas mengenai pengkodean dimaksudkan sebagai pengkodean digital yang salah satu penerapannya digunakan dalam komunikasi penerbangan, koreksi kesalahan dalam CDROM, dan pembacaan kode ISBN. Tentunya para mahasiswa akan banyak mendapat pengetahuan tentang teori pengkodean dan implementasinya berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh Prof Ekkehard,” terang Bernardinus Harnadi, Ph.D.

Dalam kuliah umum yang dihadiri sekitar 100 mahasiswa Prodi Sistem Informasi ini, Prof Ekkehard Schneider awalnya memaparkan tentang profilnya sekaligus beberapa hal terkait materi kuliah umum.

“Basis yang dipelajari adalah penggunaan pengkodean supaya para mahasiswa dapat membuat program pengkodean yang baik dan bisa bermanfaat. Namun belajar pengkodean ini menuntut kemampuan matematika yang baik. Jika bersedia bekerja sama dalam belajar dengan teman-teman dan para dosen maka pembelajaran ini akan lebih mudah,” saran Prof Ekkehard.

“Apabila dilihat dari respon para mahasiswa dalam kuliah umum ini, tampaknya cukup bagus, karena banyak yang mengajukan pertanyaan seputar materi yang saya sampaikan. Dan hal ini menunjukkan keseriusan mereka terhadap pengetahuan dan implementasi teori pengkodean,” lanjutnya.

“Harapannya para mahasiswa yang masuk dalam generasi milenial ini tidak hanya memakai saja tetapi juga bisa mengetahui kenapa dipakai, supaya dapat mengaplikasikannya dengan lebih sempurna lagi terutama yang menggunakan mobile phone,” pungkasnya.

Turut hadir sekaligus membuka acara kuliah umum ini, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dan bapak Ignatius Suprapto Prajitno  selaku Program Manager Airport International Management System pada Suvarnabhumi International Airport Bangkok Thailand.  (fas)

Kategori: ,