Mahasiswa FTP Unika Ikuti KKL Dalam Negeri dan Luar Negeri
Senin, 11 Maret 2019 | 14:31 WIB

Para peserta KKL dalam negeri FTP Unika ketika melakukan kunjungan ke salah satu tempat di Jawa Barat

 

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata baru saja melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang berlangsung sejak 24 Februari hingga 2 Maret 2019 yang terbagi dalam dua kelompok yaitu KKL dalam negeri dan KKL luar negeri.

Dalam kegiatan KKL dalam negeri, rombongan  telah mengunjungi sejumlah industri pangan dan minuman yang berada di daerah Jawa Barat, serta melakukan kunjungan ke lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang pangan dan universitas yang memiliki jurusan teknologi pangan.

Bonaventura selaku ketua panitia KKL dalam negeri 2019 menjelaskan perihal kegiatan yang telah dilakukan kelompoknya. “Dalam KKL ini kami mengenalkan industri pangan dan lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang pangan kepada seluruh peserta KKL. Harapannya setelah KKL ini mahasiswa dapat mengetahui praktik pelaksanaan proses produksi dan pengawasan mutu di industri pangan. Dan melalui KKL ini pula, diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan gambaran mengenai industri apa saja yang nantinya bisa dijadikan tempat Kerja Praktek atau magang untuk tugas akhir. Sedangkan kunjungan ke sesama universitas bertujuan sebagai sarana pertukaran informasi antar mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian,” ungkapnya.

Sementara mahasiswa FTP Unika yang melaksanakan kegiatan KKL ke luar negeri yaitu di Singapura dan Malaysia juga mengungkapkan jadwal kunjungannya selama di luar negeri.

Para peserta KKL luar negeri FTP Unika ketika melakukan kunjungan ke salah satu tempat

 

Anita Caroline sebagai ketua panitia KKL luar negeri menyampaikan bahwa kunjungan KKL ke luar negeri antara lain mengunjungi industri frozen bakery, industri brewery atau pembuatan beer, industri pengolahan air daur ulang otomatis, pusat penelitian pengembangan produk pangan dan pertanian, serta kunjungan ke fakultas ilmu dan teknologi pangan di beberapa universitas.

“Melalui kegiatan KKL ke luar negeri kita berharap mahasiswa FTP Unika dapat lebih memahami rantai food processing dari industri pangan yang sudah diakui di kancah internasional, bagaimana cara industri tersebut mengatasi permasalahan food waste, serta mengetahui perkembangan dan visi yang diharapkan di dunia pangan. Selain itu, mahasiswa juga dapat melihat secara langsung hal-hal positif dari kemajuan teknologi pangan di luar negeri yang mungkin belum ada di Indonesia sehingga membuka peluang untuk dikembangkan di Indonesia dan membangun hubungan kerja sama,” jelas Anita.

Dalam kegiatan KKL ini, total peserta adalah 148 mahasiswa FTP Unika semester 4 yang dibagi menjadi dua yaitu KKL dalam negeri sebanyak 130 mahasiswa dan untuk KKL luar negeri berjumlah sekitar 18 mahasiswa. (B.Agth)

Kategori: ,