Mahasiswa Diberi Bekal Persiapan Masuk Dunia Kerja
Kamis, 28 Maret 2019 | 11:54 WIB

SM 28_03_2019 Mahasiswa Diberi Bekal Persiapan Masuk Dunia Kerja

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berupaya untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Melalui inisiasi Soegijapranata Student Career Center (SSCC) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Unika Soegijapranata (Ikasoepra), mahasiswa mengikuti workshop "Pembekalan Masuk ke Dunia Kerja Bagi Calon Lulusan Unika Soegijapranata", kemarin.

Lebih dari 100 mahasiswa mengikuti kegiatan yang digelar di Gedung Teater Unika Jalan Pawiyatan Luhur IV No 1, Bendan Dhuwur,Tinjornoyo, Banyumanik itu. Empat pembicara dari Ikasoepra dihadirkan, yakni Abimanyu SPsi MPsi, Wisanggeni Damar P SPsi, Aryo Dwi Prasnowo SH, dan Yohanes Venario Yudhatama SE.

Berbagi Pengalaman
"Kami ingin membuka wawasan bagi mahasiswa agar bisa menemukan passion. Ada yang mengatakan, sekian persen mahasiswa itu "salah jalan" memilih jurusan. Itu tidak sepenuhnya benar karena setiap ilmu yang diberikan pasti akan memberikan nilai positif bagi langkah ke depan," jelas Kepala SSCC, Yuliana Sri Wulandari SE.

Dia menambahkan, dalam hal ini SSCC berupaya menjembatani apa yang menjadi kewajiban universitas untuk memberikan peluang kepada mahasiswa. Mahasiswa memiliki hak untuk bisa bekerja dengan baik. Bekerja dengan baik, imbuhnya, bukan hanya bekerja di perusahaan, tetapi juga bekerja untuk dirinya sendiri.

"Kami mengundang dari Ikasoepra supaya bisa berbagi pengalaman jatuh bangun dalam dunia kerja atau malah membuka peluang usaha baru bagi adik-adik mereka," paparnya.

la berharap, melalui kegiatan tersebut mahasiswa tidak menjadikan workshop sebagai beban, melainkan sebagai pembekalan ke depan. Dengan demikian, mereka tahu akan melakukan apa setelah lulus nanti. Yang terpenting adalah action dari masing-masingmahasiswa itu sendiri," ucap Yuliana.

Dalam kegiatan itu, para peserta akan mendapatkan sertilikat yang bisa dijadikan nilai tambah sala melakukan pekerjaan. Setelah workshop, akan digelar jobjair pada April mendatang. Sementara itu, workshop selanjutnya akan digelar Oktober mendatang dan dilanjutkan dengan job fair pada November mendatang.

Suara Merdeka 28 Maret 2019 hal. 15

Kategori: