Kuliah Kerja Usaha Unika Dampingi UMKM
Rabu, 27 Maret 2019 | 11:08 WIB

SM 27_03_2019 Kuliah Kerja Usaha Unika Dampingi UMKMRektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC melepas 407 mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan Kuliah Kerja Sinergis (KKS) di kampus Unika, Selasa (26/3).

KKU merupakan kegiatan reguler tiap semester untuk mendampingi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Adapun, KKS merupakan program baru mahasiswa, saat ini telah bekerja sama dengan ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kota Semarang. “Animo mahasiswa yang mengikuti KKU dan KKS cukup besar, totalnya ada 407 orang. Target khusus kami, program mahasiswa diterima, sehingga bisa berkontribusi positif bagi masyarakat,” ujar Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata Semarang, Dr Berta Bekti Retnawati dalam pelepasan mahasiswa KKN.

Pendampingan terhadap UMKM tersebut selama 2,5 bulan. Mereka akan menyebar ke beberapa wilayah di Semarang, seperti Kelurahan Kandri, Kemijen, Sambiroto, dan Randusari. Menurut dia, mahasiswa KKS Unika bersama ibu-ibu PKK akan bersinergi untuk mendampingi keluarga kecil di masyarakat. Salah satu kegiatannya pernah dilakukan di Kecamatan Candisari.

Dari jumlah peserta KKU dan KKS, paling banyak berasal dari Prodi Manajemen. Di sisi lain, Ridwan Sanjana mengapresiasi KKU dan KKS yang kegiatannya akan memberikan nilai lebih bagi mahasiswa. Kali ini kegiatannya bekerja sama dengan TVdesa yang akan mendokumentasikan kegiatan KKU dan KKS. Bukan hardskill saja yang dibutuhkan, namun softskill juga memberi peran penting bagi mahasiswa untuk masa depannya. “Dulu mahasiswa hanya mendokumentasikan. Ketika ada TVdesa buat Unika, rekaman itu bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mengekspose dirinya,” ujar dia.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak, Suara Merdeka 27 Maret 2019 hal. 15

Kategori: ,