Kompetisi ROBOCOP 2019 Akan Digelar Kamis Depan Di Unika
Jumat, 22 Maret 2019 | 13:56 WIB

Panitia ROBOCOP 2019 berfoto bersama setelah memaparkan materi press conference

Pada hari Jumat (22/3) bertempat di ruang kelas Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Gedung Yustinus lantai I Unika, telah diselenggarakan press conference Robovaganza Competition (ROBOCOP) yang merupakan ajang kompetisi robotik yang setiap tahun diselenggarakan oleh Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata.

Acara ROBOCOP 2019 ini akan digelar pada hari Kamis (28/3) mendatang dengan tema “Robot With Speed And Accuracy In The Battle Arena” di Selasar Thomas Aquinas Unika.

Dalam keterangannya saat press conference, Ketua Program Studi Teknik Elektro Dr Leonardus Heru Pratomo ST MT menjelaskan latar belakang kompetisi ROBOCOP.

“Kompetisi ROBOCOP yang akan diselenggarakan Kamis depan itu adalah kompetisi tahunan yang kami selenggarakan dengan tujuan supaya kompetisi ini dapat memberikan harapan kepada siswa-siswa yang mengikuti lomba ini untuk mengantisipasi revolusi industri 4.0 sehingga para siswa tersebut mampu berkompetisi di ranah nasional maupun internasional,” jelas Dr Leonardus.

Sedangkan Ketua Panitia ROBOCOP 2019, Sulaiman memaparkan tentang kronologi kegiatan yang diselenggarakan untuk para siswa dari berbagai jenjang pendidikan mulai SD hingga SMA atau SMK se-Jawa Tengah dan DIY serta kalangan umum dan perguruan tinggi.

“Dalam kompetisi Robovaganza Competition (ROBOCOP) 2019 ini kami akan menyelenggarakan kegiatan dengan kronologi acara dibagi dua yaitu workshop drone dan kompetisi robotik, dan target pesertanya adalah sekitar 30 peserta dari kalangan siswa atau mahasiswa maupun umum,” jelas Sulaiman.

“Adapun salah satu acaranya, kami mengadakan workshop drone ini dengan pertimbangan tahun depan drone akan dikompetisikan dalam ajang ROBOCOP. Selain itu, dalam ajang ROBOCOP tahun ini, kami juga akan menampilkan hasil karya mahasiswa prodi Teknik Elektro berupa robotik, drone dan karya-karya mahasiswa lainnya dalam bentuk expo,” lanjutnya.

“Bersamaan dengan pembagian piala pemenang kompetisi ROBOCOP Kamis depan, kami juga berencana akan membagikan piala Lomba Karya Tulis Inovasi Ilmiah yang sudah kami selenggarakan sebelum lomba robotik ini,” pungkasnya. (fas)

Kategori: ,