Darmasiswa Unika Soegijapranata Raih Juara II Tingkat Nasional
Senin, 25 Maret 2019 | 13:08 WIB

Julio Da Silva saat menerima penghargaan Juara II Lomba Membaca Berita Berbahasa Indonesia

 

Sebuah prestasi tingkat nasional telah diraih oleh salah satu Darmasiswa Unika Soegijapranata saat mengikuti ajang kompetisi “Lomba Membaca Berita Berbahasa Indonesia” Mahasiswa Program Darmasiswa Republik Indonesia tahun 2018 – 2019, yang diselenggarakan di Perpustakaan lantai 5,  kampus UBAYA Tenggilis-Surabaya pada Kamis (14/3) lalu.

Julio da Silva sebagai salah satu darmasiswa Unika Soegijapranata tahun 2018 – 2019, telah terpilih menjadi juara II dalam kompetisi yang diikuti oleh perwakilan darmasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang diundang dalam ajang kompetisi tersebut.

Dalam wawancara singkat setelah kembali ke Unika, Julio mengungkapkan pengalamannya dalam mengikuti kompetisi “Lomba Membaca Berita Berbahasa Indonesia”.

“Sebagai salah satu mahasiswa asing yang sedang mengikuti program beasiswa darmasiswa di Unika Soegijapranata, beberapa waktu lalu saya mendapat tawaran untuk mengikuti lomba di UBAYA. Dari Unika hanya mendapat satu kuota peserta saja, dan saya diberi kesempatan untuk mewakili darmasiswa Unika. Seluruh peserta yang mengikuti kompetisi tersebut adalah sekitar 60 peserta dari 21 negara, sedangkan proses seleksi lomba dilaksanakan dua kali. Yang pertama sesi penyisihan sedangkan yang kedua adalah sesi final,” terang Julio.

“Dan bersyukur pada Tuhan, saya masuk sepuluh besar dalam tahap seleksi yang pertama dan melanjutkan seleksi yang kedua. Hingga akhirnya setelah mengikuti sesi final, maka saya terpilih sebagai Juara II dalam kompetisi tersebut, oleh tim Juri disebutkan juara II adalah dari kota lunpia atas nama Julio Da Silva dari Unika Soegijapranata,” ucapnya mengulang peristiwa saat dipanggil namanya sebagai pemenang juara II.

“Saya sangat bangga dan gembira sekali, karena pengalaman mengikuti lomba membaca berita adalah pengalaman saya yang pertama. Dan dalam ajang lomba itu saya dapat meraih prestasi mengalahkan peserta darmasiswa dari perguruan tinggi lain yang berasal dari 21 negara atau 60 peserta lainnya.”

“Kebetulan sekali keinginan untuk menjadi seorang reporter atau pembawa berita sudah lama saya rasakan, karenanya saya sering melihat berita di beberapa channel Televisi di Indonesia.  Sehingga ketika mendapat kesempatan tersebut saya sangat senang, apalagi akhirnya juga berhasil meraih prestasi membawa nama Unika Soegijapranata di kancah nasional, juga negara asal saya Timor Leste.”

“Saya berharap di masa mendatang bisa menjadi seorang presenter profesional di negara saya,” tutupnya. (fas)

 

Kategori: ,