BOS 4.0 Pilih Karya Arsitektur Terbaik Mahasiswa Unika
Selasa, 19 Maret 2019 | 10:17 WIB

image

Program Studi (Prodi) Arsitektur, Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang menggelar Best of Studio (BOS) 2019 di Gedung Teater Thomas Aquinas, Kampus Unika, Senin (18/3).

BOS merupakan kompetisi mahasiswa yang menampilkan hasil karyakarya arsitektur. Tim juri, termasuk dosen memilih satu karya terbaik dari masing-masing Studio Perancangan Arsitektur yang berjumlah tujuh.

Selain itu juga dipilih karya arsitektur terbaik dari mahasiswa yang melakukan tugas akhir dalam ajang External Examination (EE). Ketua Panitia BOS dan External Examination Unika Soegijapranata Semarang, Bonifacio Bayu ST MSc mengatakan, BOS dan EE merupakan agenda Prodi Arsitektur. ”Tujuan kegiatan ini mencari bibit mahasiswa untuk menghasilkan satu karya terbaik di studio. Juri sebelumnya memilih tiga nomine dan melakukan penilaian tertutup, lalu dipilih satu pemenang untuk melakukan presentasi," jelas Bayu.

Menurut dia, pemenang melakukan presentasi dihadapan mahasiswa Unika dan universitas lain yang hadir memadati Gedung Thomas Aquinas. Sebelumnya, panitia melakukan publikasi kegiatan ini ke kampus-kampus, seperti Undip, Unnes, dan UPGRIS.

Atas hasil karya mahasiswa, rencananya akan dibuat buku. Selain promosi kegiatan arsitektur, juga untuk memberikan semangat bagi mahasiswa junior yang hendak berkarya. Tujuh pemenang dari Studio Perancangan Arsitektur (SPA) ialah Fiona Miranda (SPA1), Yemima Desy (SPA2), Daniel Jansen (SPA3), Ayu Susani (SPA4), Anindya Dhiracitta (SPA5), Kevin Wicaksono (SPA6), dan Laurensius Aldiron (SPA7).

Di sisi lain, Kepala Prodi Arsitektur, MD Nestri Kiswari STMSc mengatakan, BOS dan EE ini untuk melatih mahasiswa, dari semester I- VII terbiasa kompetisi dalam membuat desain.

Suara Merdeka 19 Maret 2019 hal. 19, https://www.suaramerdeka.com/smcetak/

Kategori: ,