Unika Soegijapranata Dapat Restu Buka Prodi S1 Kedokteran
Rabu, 13 Februari 2019 | 13:44 WIB

TRB 12_02_2019 Unika Dapat Restu Buka Prodi S1 Kedokteran
Universitas Katolik Soegijapranata Semarang siap membuka program studi S1 Kedokteran. Senin (11/2), Menristekdikti Mohamad Nasir menyerahkan surat keputusan (SK) pembukaan prodi tersebut ke Rektor Unika Soegijapranata Semarang, Ridwan Sanjaya.

"Hari ini jadi awal perjuangan. Kami ingin mencetak dokter berkompeten dan memiliki rasa cinta pada tanah air, serta siap mengabdi di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), kata Ridwan seusai acara.

Menurutnya, turunnya SK pembukaan prodi S1 Kedokteran itu merupakan sejarah bagi kampus yang dia pimpin. Hal tersebut juga visi yang dimulai rektor-rektor sebelumnya bersama yayasan. Ridwan berterima kasih kepada civitas akademika yang membantu hingga cita-cita menghadirkan prodi tersebut terwujud.

Menurut Ridwan, nantinya, prodi Kedokteran akan menempati lokasi baru di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB). Pembangunan kampus sudah mulai dilakukan awal tahun ini.

"Kampus baru siap dalam dua tahun mendatang, berdampingan dengan Rumah Sakit Sandjojo yang dibangun bersebelahan," terangnya.

"Sedangkan Rumah Sakit Pendidikan Utama saat ini, kami menjalin bekerjasama dengan RSUD R Soedjati Soemodiardjo di Grobogan," papar Ridwan.

Sementara, Menristekdikti Mohamad Nasir, mengatakan, pembukaan prodi yang berhubungan dengan kesehatan memang tak bisa dilakukan cepat. Pihaknya harus melibatkan enam institusi untuk memutuskan apakah suatu universitas bisa membuka prodi Kesehatan.

"Kami mendorong calon-calon dokter masa depan dari sini (Unika Soegijapranata Semarang), menjadi doker yang baik di masa depan," harapnya.

â–ºTribun Jateng 12 Februari 2019 hal. 10

Kategori: