Refleksikan Karya Setahun, Unika Soegijapranata Tanam Ratusan Pohon
Senin, 25 Februari 2019 | 9:31 WIB

image

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menggelar kegiatan ‘Refleksi Karya’ selama dua hari di kampus Unika dan di Salatiga.Kegii semua dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unika.

“Tahun ini kembali digelar sebagai moment mengingatkan warga Unika Soegijapranata dan masyarakat umum untuk memperhatikan dan menyayangi bumi, lingkungan tempat kita tinggal. Kegiatan kita mulai dengan menanam 500 pohon berbagai jenis di lingkungan Unika Soegijapranata “ujar Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya SE Skom MSIEC saat membuka kegiatan Kamis (21/2/2019). Acara dihadiri Kepala Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jateng Heru Djatmika SH MSE. Prof Ridwan dan Heru Djatmika bersama sama menanam pohon penghijauan di depan Gedung Thomas Aquinas kampus Unika.

Selain menanam pohon, ujar Rektor, usaha-usaha ini terus dilakukan di Unika Soegijapranata melalui kampanye anti Styrofoam, penggunaan tumbler air minum, pengurangan sampah plastik, penerapan sistem paperless, penggunaan listrik secara bijak, dan pengembangan hutan kampus. Meskipun belum sempurna tetapi harus melakukannya dengan penuh komitmen secara konsisten.

Prof Ridwan Sanjaya menyampaikan pula dalam 37 tahun ini Unika Soegijapranata sudah melangkah di jalur yang benar. Sejak awal berdirinya, program studi Arsitektur telah mengusung Eco-settlement atau Eko Pemukiman sebagai Pola Ilmiah Pokok universitas ini. Hal tersebut berarti para pendiri Unika telah memandang jauh ke depan bagaimana mengelola universitas dengan tetap memperhatikan lingkungan demi keselarasan, kelestarian, dan keberlanjutan ekosistem.

Dalam pelayanannya sampai dengan saat ini, Unika telah memiliki program studi Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3) secara lengkap di bidang Lingkungan yang memperkuat universitas dalam menghasilkan berbagai pemikiran terkait dengan kebijakan lingkungan. Kiprah berbagai dosen ini bukan hanya di tingkat kampus atau pemerintah daerah saja, tetapi sudah sampai menjadi perhatian dunia. 

Tema karya Keterlibatan Sinergis yang diusung pada tahun ini mendorong warga Unika Soegijapranata untuk bahu-membahu dan saling mengisi celah masing-masing agar dapat menghasilkan pelayanan yang lebih optimal dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

https://krjogja.com

Kategori: