Mahasiswa FTP Unika Internship di Providence University Taiwan
Rabu, 20 Februari 2019 | 7:59 WIB

Tiga mahasiswa FTP Unika yang tengah melakukan internship di Providence University Taiwan berfoto di depan gedung universitas

 

Vanessa Marlie, Cindy Agustine, dan Alfenda Catherine merupakan tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata yang tengah melakukan internship di Providence University Taiwan.

Sejak 5 Januari hingga 22 Februari 2019, mereka mengerjakan project penelitian terkait bidang pangan yang dibimbing oleh profesor pembimbing masing-masing. Topik penelitian yang mereka dalami pun berbeda-beda. Penelitian mengenai “physicochemical properties of jaboticata extract” dilakukan oleh Vanessa di bawah bimbingan Profesor Kuo Wei Lin, “Ocra yougurt production” oleh Cindy dengan pembimbing Profesor Yun Chin Chung, dan Catherine dengan topik penelitiannya yang berjudul “Isolation of fermentation traditional food” di bawah bimbingan Profesor Pei Ming Wang.

Menurut Vanessa, kesempatan untuk mengikuti internship memberikan tantangan bagi tersendiri bagi dirinya, di mana ia dapat belajar seperti apa fakultas terkait ilmu pangan di universitas lain, yaitu di Providence University.

“Selain itu, kami juga mendapatkan kesempatan untuk berdinamika bersama dengan mahasiswa di Providence University, walaupun dalam waktu yang singkat. Dan yang pasti kami juga eksplor Taiwan sewaktu weekend atau libur.”

Program internship merupakan program kerjasama antara Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata dengan Providence University Taiwan yang dilakukan oleh mahasiswa S1 FTP Unika saat semester 5.

“Banyak nilai yang kami dapatkan seperti survivability yaitu saat kami harus bisa survive terhadap beberapa hal baru yang kami temui disini, termasuk mencari tempat makan maupun pergi ke suatu tempat. Selain itu kami juga mendapat banyak teman baru dari Providence yang senantiasa membantu dalam mengerjakan project kami di sini, dan yang pasti pengalaman yang tidak terlupakan,” pungkas Vanessa. (B.Agth)

Kategori: ,