Mahasiswa FBS Unika Kunjungi Assumption University Thailand
Senin, 18 Februari 2019 | 8:16 WIB

Peserta KKL FBS Unika sedang berfoto bersama dalam salah satu acara di Assumption University Thailand

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata selama sepekan, 23 – 29 Januari 2019, mengadakan kunjungan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) ke Theodore Maria School of Arts Assumption University Thailand. Kegiatan KKL tersebut diikuti oleh sekitar 12 mahasiswa angkatan 2016 dan satu dosen pendamping yakni Drs Yoseph Edmundus Budiyana MA TESOL.

Tujuan kegiatan KKL mahasiswa FBS ke Thailand adalah untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris para mahasiswa dan mengetahui lebih banyak kebudayaan di negeri Thailand.

Medina Muncar Irmaranti, koordinator KKL FBS ke Thailand, menuturkan bahwa pada saat KKL para peserta berkesempatan mengikuti kelas Business Tourism. “Di sana kami sempat mengikuti kelas Business Tourism dan belajar mengenai bisnis di bidang tour serta membuat rencana tournya”, ujar Medina pada saat diwawancarai oleh Tim Social Media Buzzer FBS Unika Soegijapranata (4/2/2019).

Medina juga sempat mengungkapkan pengalamannya saat mengikuti KKL di Thailand. “Di Thailand, sebagian besar masyarakatnya masih belum bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan tepat saat berkomunikasi. Sehingga saat ditanya dengan pertanyaan yang agak rumit, mereka sulit memahami. Mereka justru lebih paham jika berkomunikasi menggunakan Bahasa Thai,” tambah Medina.

Meskipun terkendala dalam hal bahasa, para mahasiswa tetap merasa senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan KKL ini karena dapat menambah wawasan serta pengalaman.

Seperti yang disampaikan oleh Jasmine Yachya sebagai salah satu peserta KKL. “Dosen dan staf di Assumption University itu ramah dan sabar sekali. Walaupun kami saat itu banyak bertanya, mereka menanggapi setiap pertanyaan kami dengan sangat baik.”

Jasmine berharap pengalaman KKL ke Thailand ini, dapat menambah pengalaman dan melatih para mahasiswa untuk hidup mandiri di negara lain serta mampu mengatur waktu dan keuangan dengan baik pula.

Kategori: ,