Dosen Unika Hadiri Seminar Nasional di Jayapura
Selasa, 19 Februari 2019 | 15:23 WIB

Sebuah Seminar Nasional dengan tema “Tantangan dan Harapan Pembangunan Infrastruktur, Energi dan Pangan, serta Lingkungan Hidup di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat” telah diselenggarakan oleh KSP (Kantor Sekretariat Presiden) Deputy V bekerja sama dengan Universitas Cendrawasih (UNCEN) Jayapura dan dihadiri oleh instansi terkait, jajaran departemen, MRP, tokoh adat Papua, Universitas Negeri yang ada di Papua serta pemerhati masalah Papua.

Demikian informasi kegiatan seminar nasional tersebut disampaikan oleh Drs Albertus Istiarto MA selaku dosen Unika Soegijapranata sekaligus pendamping mahasiswa Timika Papua di Unika Soegijapranata, yang turut diundang sebagai pemerhati masalah Papua dalam seminar tersebut, pada Selasa (12/2) di Universitas Cendrawasih (UNCEN) Jayapura.

“Seminar Ini merupakan salah satu awal dari seminar yang akan dilakukan di UNCEN Jayapura sebagai bentuk studi menggali kearifan lokal Papua dalam rangka mencari solusi damai Papua,” terang Istiarto.

“Sedangkan UNCEN Jayapura akan menjadi pusat kajian antropologi khususnya menggali kearifan lokal Papua. Sementara saya diminta untuk membuat proposal seminar kearifan lokal Papua di Universitas Cendrawasih Jayapura bersama dengan departemen anthropologi UNCEN yang jadwalnya belum ditentukan kapan tapi sudah disetujui,” lanjutnya.

Dalam penjelasannya, Istiarto juga mengemukakan perihal kesimpulan dalam pelaksanaan seminar nasional tersebut. “Ada sisi positif dari hasil pembangunan yang patut disyukuri dan dihargai. Tetapi ada juga dampak negatif yang perlu dicermati secara serius,” ucapnya.

Dalam seminar tersebut dihadirkan pula narasumber dari Bappenas dan UNCEN yang mengevaluasi pembangunan infrastruktur, energi dan Pangan serta lingkungan hidup. (fas)

Kategori: ,