DKV Unika Kenalkan Software Animasi Maya
Selasa, 19 Februari 2019 | 16:31 WIB

image

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Akademi Seni dan Desain Indonesia (ASDI), Balai Diklat Indonesia, Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin), serta Kampoong Monster (Creative Labz Jakarta) mengadakan kegiatan Diklat 3 in 1 untuk kedua kalinya di laboratorium audio visual DKV Unika pada 14 Februari-14 Maret 2019. Diklat yang digelar selama 22 hari dengan 24 peserta tersebut, mengusung topik Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi.

Ketua Panitia Pelatihan, Peter Ardhianto SSn MSn menjelaskan bahwa kegiatan diklat 3 in 1 ini pernah dilaksanakan pada Januari lalu. Meliputi pelatihan, sertifikasi dan peluang kerja. “Kami menggandeng industri agar bisa menyerap tenaga kerja yang berasal dari peserta pelatihan yang telah lolos sertifikasi,” kata Peter yang juga dosen prodi DKV Unika ini.

Sementara Instruktur Animasi dari Kampoong Monster (Creative Labz Jakarta), Afdal Putra Aurora menjelaskan bahwa diklat pertama menggunakan software animasi blender, sedangkan diklat kedua menggunakan software animasi Maya. “Dalam industri animasi baik di dalam maupun luar negeri sudah menggunakan software maya. Walaupun basicnya sama saja. Namun kelas pelatihan yang masih tahap pemula atau dasar ini, perlu mengetahui dasar-dasar animasi yang baik dan benar, yang bisa diterapkan kelak saat bekerja di dunia industri,” terang Afdal.

Menurutnya, para peserta harus bisa memahami 12 prinsip dasar gerak animasi dalam penciptaan animasi. Mengingat industri animasi di luar negeri kemajuannya sangat pesat, sementara di Indonesia baru memulai. “Meski begitu, peluang industri animasi di masa depan sangat besar, misalnya sebagai animator, modeler, konsep artis, renderer dan lighting, texturing dan masih banyak profesi lain. Jadi dalam satu animasi bisa banyak pekerjaan,” lanjut Afdal.
Salah satu peserta yang juga alumni prodi DKV Unika yang telah menyelesaikan S2 di De La Salle University Philippines, Alfon Christian H mengungkapkan ketertariknya mengikuti diklat kedua, karena ingin mengetahui tentang penggunaan software animasi maya. “Saya ingin lolos sertifikasinya,” ucap Alfon.

DKV Unika Kenalkan Software Animasi Maya

https://radarsemarang.jawapos.com, Jawa Pos Radar Semarang 19 Februari 2019 hal. 3

Kategori: ,