Unika Jadi Tuan Rumah IVED 2019
Selasa, 22 Januari 2019 | 14:54 WIB

Penyelanggaraan IVED 2019 di Auditorium Unika Soegijapranata, (14 – 18/1/2019)

 

Indonesian Varsities English Debat (IVED) sebagai ajang kompetisi debat perguruan tinggi nasional, telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1998, dan untuk tahun 2019 ini penyelenggaraan IVED dilaksanakan di Unika Soegijapranata.

Acara yang diadakan  mulai tanggal 14 sampai 18 Januari 2019 ini, diselenggarakan di Auditorium gedung Albertus Unika Soegijapranata dan diikuti oleh sekitar 31 tim dari 23 perguruan tinggi negeri maupun swasta nasional. Sedangkan jenis kategori yang dilombakan adalah klasik dan novis.

Nanda Kanoko selaku Ketua Panitia IVED 2019 mengemukakan alasan penunjukkan Unika sebagai tuan rumah IVED 2019. “Ditunjuknya Unika menjadi tuan rumah IVED tidak lepas dari hasil ICM (IVED Council Meeting) tahun 2018 di Universitas Mercu Buana Jakarta, yang menunjuk Unika Soegijapranata sebagai penyelenggara IVED 2019 karena dilihat Unika memiliki prospek yang bagus untuk menjadi tuan rumah IVED,” tuturnya.

Sementara itu, supervisor untuk acara IVED Unika Soegijapranata Hartono Aditio Soegiopranoto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika mengungkapkan keistimewaan IVED 2019. “Keistimewaan IVED tahun 2019 ini dapat dilihat dari susunan kepanitiaanya yang berasal dari beberapa universitas di Semarang yang tergabung dalam CJDC (Central Java Debating Community) seperti UNNES, UNIKA, UNDIP, UNS, POLINES, dan bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan komunitas CJDC.”

Lebih lanjut Hartono juga mengungkapkan tanggapannya terhadap pelaksanaan IVED 2019. “Kami pasti merasa senang bisa menjadi tuan rumah, karena selain mempromosikan Unika, kegiatan ini memang  sudah menjadi keinginan saya saat menjadi ketua SDS (Soegijapranata Debate Society),” ucapnya.

Berikut adalah hasil kompetisi IVED 2019 : Champion  berhasil diraih oleh tim  UGM B, 1st Runner Up oleh tim UI A, dan Co – 2nd Runner Ups oleh tim UI B, BINUS A.

Sedangkan pemenang untuk kategori Novice Final: Champion diraih oleh Parahyangan Catholic University C, 1st Runner Up : Atma Jaya Catholic University A, dan Co-2nd Runner Ups : UNHAS B, UNDIP B.

Sementara Overall best speaker dan Best Reply Speaker berhasil diraih oleh Syagung Gunawan May (UGM B), serta Overall Best Novice Speaker  Elgard Mario (UI C). (AAT-AS)

Kategori: ,