Unika Gelar Diklat Gerak Animasi Tiga Dimensi
Senin, 21 Januari 2019 | 9:09 WIB

image

Program studi (Prodi) Desain dan Komunikasi Visual (DKV) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang mengadakan diklat gerak animasi di ruang B 13 gedung Henricus Contant Unika, belum lama ini.

Dalam pendidikan dan sertifikasi yang dibuka Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Dra B Tyas Susanti PhD tersebut, DKV kerja sama dengan Akademi Seni dan Desain Indonesia (ASDI), Balai Diklat Indonesia, serta Kementerian Perindustrian Indonesia.

Adapun, sertifikasi animator profesional ini materinya ”Pembuatan Gerak Animasi Tiga Dimensi”. Ketua Panitia Diklat Gerak Animasi, Peter Ardhianto SSn MSn mengatakan, pelatihan ini akan berlangsung 22 hari, terhitung sejak 14 Januari hingga 8 Februari 2019.

Jumlah pesertanya 24 orang dari berbagai latar belakang pendidikan, seperti alumnus DKV Unika, perguruan tinggi lain, guru SMK, serta praktisi animator.

”Kebetulan Prodi DKV Unika ini memiliki alat memadai untuk pelatihan animasi, sehingga dipilih menjadi penyelenggara pelatihan. Pelatihan gerak animasi tiga dimensi ini baru pertama kali diadakan di Indonesia oleh Kementerian Perindustrian Indonesia,” jelas Peter didampingi Ketua Prodi DKV Unika, Agustinus Dicky Prastomo SIP MA.

Pelatihan itu dikemas secara 3 in 1, yakni pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja. Menurut dia, peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikasi secara nasonal yang dapat digunakan untuk bekerja.

Pengajarnya dari industri atau lebih dikenal Cinema Tech. Targetnya semua peserta lolos sertifikasi lalu bisa bekerja atau membuka bidang usaha animasi sendiri, freelance atau buka studio animasi sendiri.

Inti dari pelatihan ini sebenarnya untuk memperbaki ekonomi melalui sektor industri animasi. Di sisi lain, perwakilan dari ASDI Alfan Setiawan menegaskan, bidang animasi memiliki prospek cerah di masa mendatang.

Dia menjelaskan, dikat ini penyelenggaraannya membutuhkan sinergitas antara dunia pendidikan, industri, dan pemerintah. ASDI sudah beberapa kali melaksanakan diklat yang sebagian besar lokasinya di Surakarata.

Harapannya, pelatihan ini juga banyak diadakan di Kota Semarang untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin belajar tentang animasi mengingat perkembangan dan potensinya tergolong besar di masa sekarang ini.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak, Suara Merdeka 19 Januari 2019 hal. 24

Kategori: ,

One Response to “Unika Gelar Diklat Gerak Animasi Tiga Dimensi”

  1. bayu widiantoro says:

    japan dibikin pelatihan lagi?
    banyak yang menantikan edit selanjutnya nit.. back yang Dari salami ataupun dari luar kampus…