Unika Ciptakan Game Pembelajaran Pancasila
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:23 WIB

KR 29_01_2019 Unika Ciptakan Game pembelajaran Pancasila

Program Studi Sistem Informasi dan Game Technology Unika Soegijapranata Semarang menggelar “Seminar dan Launching Aplikasi Pancasila 4.0: Wajah Baru Pendidikan Pancasila” di kampus setempat, Sabtu (26/1). Acara dibuka Wakil Rektor III Unika Dr V Kristina Ananingsih ST MSc, menampilkan 7 aplikasi kuliah pembelajaran Pancasila karya tim mahasiswa di antaranya Rosa Nilai Pancasila, Pancaball, Heroes in White, Ppuzzle, Defence Sang Saka, dan Hoax Hunter. Sekprodi Sistem Informasi dan Game Technology Unika Soegijapranata Albertus Dwi Yoga Skom Mkom dan dosen game technology Dr Antonius Laot Kian, menyatakan pembelajaran Pancasila bisa dibuat dan dikemas kekinian lewat permainan game, puzzle dan sejenisnya yang nantinya program ini bisa diunduh di Play Store setelah penyempurnaan usai seminar.

“Banyak cara mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila termasuk lewat teknologi game yang mahasiswa ciptakan. Proyek game ini merupakan skema bantuan pembelajaran inovatif pendidikan Pancasila dari Kemenristekdikti dimana Unik Soegijapranata merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerima bantuan jenis ini. Para mahasiswa pengembang game ini nantinya juga diuruskan sampai pada hak kekayaan intelektualnya sehingga bisa menguntungkan baik bagi mahasiswa, perguruan tinggi maupun Indonesia,” ujar Laot Kian.

Dwi Yoga menambahkan pada program ini mahasiswa ditantang dan diminta menciptakan aplikasi Pancasila dengan mendesain game untuk pembelajaran inovatif mata kuliah pengembangan kepribadian yaitu Pancasila.

►Kedaulatan Rakyat 29 Januari 2019 hal. 16

Kategori: