Unika Bekali Mahasiswanya dengan ATGW
Senin, 14 Januari 2019 | 12:56 WIB

Suasana kegiatan ATGW 2018 dalam kelas

Unika Soegijapranata kembali mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan kepribadian mahasiswanya dengan ATGW (Arising the Grateful Winner) yang dimulai Selasa lalu (8/1) di Pendopo kampus Unika.

Kegiatan yang diselenggarakan secara bergelombang ini diikuti oleh sekitar 1800 mahasiswa angkatan 2018 dan dibagi menjadi 10 gelombang. Sedangkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah  untuk mengembangkan semangat mahasiswa dalam mengatur dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang kritis, kreatif, visioner, peduli dan tangguh (KKVPT) serta etis.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unika Soegijapranata Dr V Kristina Ananingsih ST MSc memberikan penjelasan tentang kegiatan ATGW 2018 yang baru saja dimulai. “ Pada awalnya para mahasiswa baru menerima pembekalan tentang nilai-nilai Mgr Soegijapranata pada saat PTMB (Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru) sebagai dasar untuk melangkah bagi mahasiswa baru di Unika Soegijapranata. Setelah menjalani dinamika selama satu semester, para mahasiswa akan mendapat pelatihan pengembangan kepribadian yang bersifat baik, meliputi : kritis, kreatif, visioner, peduli dan tangguh serta dikuati dari sisi etisnya  melalui ATGW 2018,” jelas Dr Kristina.

Lebih lanjut Dr Kristina juga menerangkan tentang karakter yang akan dimiliki oleh para mahasiswa tersebut, sekaligus berharap agar karakter tersebut bisa menjadi bekal para mahasiswa selama menempuh studi di Unika dan berharap pula karakter tersebut masih mereka miliki walaupun mereka sudah lulus atau menjadi alumni.

Tahap berikutnya, para mahasiswa juga akan dibekali dengan pendidikan kepemimpinan yang masuk ke masing-masing kegiatan organisasi kemahasiswaan pada semester dua hingga semester enam. Kemudian di tahun keempat, para mahasiswa akan mendapatkan pendampingan melalui pendidikan karir. Dalam masa ini hendaknya para mahasiswa juga bisa mengikuti kegiatan ini, karena dalam masa ini para mahasiswa dapat mengevaluasi diri baik sisi akademik maupun softskillnya dan apabila perlu ditingkatkan masih ada waktu untuk mengembangkan diri mereka sebelum lulus dan memasuki dunia kerja.

Para Supervisor ATGW 2018, dari kiri ke kanan : Herluin Yenne Dwi Agustine, Ian Danarko Randikoputra, Hosana Shintya dan Samuel Bintang Nugroho

Sedangkan koordinator Supervisor ATGW 2018 Samuel Bintang Nugroho dari Prodi Komunikasi juga menerangkan mengenai teknis pelaksanaan ATGW. “Dengan kegiatan ATGW kami berharap, peserta ATGW itu sendiri bisa mengerti tentang nilai-nilai Mgr Soegijapranata dan dapat diterapkan dalam kegiatan kampusnya. Disamping itu kami juga berharap kepada para mahasiswa itu juga tidak hanya aktif di perkuliahan tetapi juga di kegiatan selain kuliah, seperti organisasi kemahasiswaan atau kepanitiaan. Dan untuk kepedulian itu sendiri, memang yang kami tekankan untuk ATGW 2018 ini ada suatu gerakan yang dinamakan ‘tumpuk tengah’ yaitu suatu kegiatan kecil yang ingin mengajak para mahasiswa baru atau mahasiswa Unika untuk membantu cleaning service yang ada di Unika.”

Sementara Hosana Cynthia salah satu Supervisor ATGW 2018 yang bertanggungjawab pada Sie  Materi, juga menambahkan, “Pilar untuk ATGW setiap tahun tetap sama yaitu KKVPT hanya untuk teknis  sistematikanya mungkin ada yang berubah menyesuaikan diri berdasara evaluasi tahun lalu. Jadi untuk tahun-tahun ke depan mungkin lebih baik dalam hal-hal teknis dan sistematika tetapi pilarnya tetap sama yaitu KKVPT,” ucapnya.

Hosana juga menjelaskan bahwa bentuk kegiatan ATGW 2018 terbagi menjadi dua yaitu  jadwal pelaksanaan pelatihan selama dua hari setiap gelombang selama dua bulan (Januari – Februari 2018),  kemudian ada kegiatan lanjutan berupa action plan dan follow up. (fas)

Kategori: ,