Ridwan Dorong Dosen Bikin Artikel Populer
Kamis, 31 Januari 2019 | 9:29 WIB

TRB 30_01_2019 Ridwan Dorong Dosen Bikin Artikel Populer

Puluhan dosen Unika Soegijapranata dilatih kepenulisan artikel media massa oleh Tribun Jateng, di Gedung Yustinus Unika Soegijapranata,Semarang, Selasa (29/1). Mereka dilatih bagaimana membuat sebuah artikel opini yang baik dan benar.

Pemateri dari Tribun Jateng, di antaranya Pemred Cecep Burdansyah dan News Manager Iswidodo. "Opini adalah sikap kita dalam menyoroti sebuah permasalahan atau isu. Opini berisi fakta-fakta, permasalahan, dan solusi yang ditawarkan penulis," papar Iswidodo.

Tampak para pengajar Unika Soegijapranata antusias mengikuti kepelatihan kepenulisan ini. Banyak dari mereka menelurkan ide-ide opini segar dari sejumlah isu terkini. Misal, debat Pilpres pertama, pro-kontra pembangunan infrastruktur, hingga perayaan Imlek sebentar lagi.

Rektor Unika, Ridwan Sanjaya menilai, materi kepenulisan opini bagi dosen juga penting. Selama ini, Kemenristekdikti selalu mengejar universitas agar membuat paper dan jurnal internasional.

"Selama ini ada jarak yang cukup lebar antara dunia kependidikan dan masyarakat. Lewat kepenulisan opini ini menjadi cara merapatkan jarak yang ada. Tentunya opini itu ditulis dengan bahasa yang lebih populer," terangnya.

Senada, Bertha Bekti Retnawati, Kepala LPPM Unika menambahkan, gaya kepenulisan pendidik cenderung menggunakan bahasa akademis, yang belum tentu dapat dipahami masyarakat awam. "Kami ingin ide inovatif, kreatif, bahkan di luar pakem dari dosen bisa juga tersampaikan dengan gaya populer," ujar Bertha.

►Tribun Jateng 30 Januari 2019 hal. 10

Kategori: