Mahasiswa Belanda Teliti Minuman Herbal di FTP Unika
Kamis, 24 Januari 2019 | 14:27 WIB

Dennis (kiri), mahasiswa asal Belanda dalam program internship di FTP Unika sedang berfoto bersama penjual wedang uwuh di Semarang

 

Indonesia sangat dikenal dengan kekayaan rempahnya. Rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, kencur, cengkeh, kayu manis, dan serai menjadi minuman penghangat tubuh yang dikenal sebagai wedang uwuh. Bukan hanya sebagai penghangat, rempah-rempah juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal inilah yang menarik minat seorang mahasiswa asal Belanda, Dennis, yang tengah melakukan studi internship di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata. Mahasiswa semester 6 dari HAS University of Applied Science Belanda ini tengah melakukan riset mengenai herbal drink dari wedang uwuh yang cocok dengan pasar Eropa. Menurut Dennis, Indonesia merupakan tempat yang sangat baik untuk mempelajari herbs and spices alias rempah-rempah ini. Ia akan melakukan risetnya selama di Semarang sejak tanggal 4 Januari hingga bulan April 2019. Untuk mengawali penelitiannya, Dennis sempat mengunjungi beberapa warung wedang uwuh di Kota Semarang dan mencoba beberapa jenis wedang yang disajikan.

Diawali dengan studi literatur mengenai komponen apa saja yang terkandung dalam rempah-rempah, selanjutnya ia akan menganalisis tingkat aktivitas antioksidan dari masing-masing komponen yang terdapat di wedang uwuh. Antioksidan pada rempah-rempah bermanfaat untuk memerangkap radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas muncul karena proses metabolisme tubuh maupun karena polusi di lingkungan. Radikal bebas ini dapat merusak sel tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit. Oleh sebab itu, antioksidan menjadi salah satu komponen yang penting untuk diteliti. Selain itu, Dennis juga meneliti sifat sensori terkait rasa, aroma, dan warna dari masing-masing rempah. Kemudian ia akan melakukan uji sensori untuk 3 produk yang dikembangkannya dengan bantuan dari beberapa mahasiswa darmasiswa lain untuk menentukan produk herbal drink yang paling sesuai dengan selera pasar masyarakat di Eropa. (B.Agth)

Kategori: ,