Tribun Jateng Akan Jalin Kerjasama Dengan Unika
Jumat, 21 Desember 2018 | 19:04 WIB

Pimpinan perusahaan Tribun Jateng Heru Budi Kuncara menyerahkan cendera mata kepada Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya usai kunjungannya bersama tim Tribun Jateng di Unika Soegijapranata dengan disaksikan pimpinan kelembagaan LPPM Unika. (19/12/2018)

 

“LPPM sebagai pihak yang bertanggung jawab pada penelitian dan pengabdian di Unika Soegijapranata menyambut baik ajakan kerjasama yang ditawarkan oleh media Tribun Jateng saat berkunjung ke Unika Soegijapranata dan bertemu dengan Prof Dr F Ridwan Sanjaya selaku Rektor Unika,” demikian pernyataan yang disampaikan oleh Dr Berta Bekti Retnawati sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika saat ditanya tentang kunjungan Tribun Jateng ke Unika pada Rabu (19/12) lalu.

Lebih lanjut Dr Berta menjelaskan maksud kunjungan pimpinan perusahaan Tribun Jateng Heru Budi Kuncara didampingi pemimpin redaksi Tribun Jateng Cecep Burdansyah tersebut. “Pada intinya dalam kunjungan itu Tribun Jateng memberi kesempatan bagi para dosen Unika untuk mempublikasikan hasil riset maupun hasil pengabdian supaya apa yang dilakukan oleh para dosen terkait dengan kinerja dari hasil riset dapat diketahui oleh masyarakat dan  bermanfaat bagi khalayak umum. Yang berikutnya tentu saja Unika juga akan semakin dikenal melalui publikasi hasil penelitian maupun pengabdian para dosen tersebut. Manfaat lain bagi dosen-dosen itu sendiri ketika mempublikasikannya di media massa tentu saja bisa membangun yang namanya personal branding, yang selanjutnya dengan personal branding tersebut akan membantu dosen dalam membuat roadmap riset, tulisan atau karya serta meningkatkan kualitas mengajar di kelas dengan menggunakan materi riset yang sudah dipublikasikan oleh dosen tersebut,“ ucapnya.

Lebih jauh, Dr Berta juga menjelaskan arti penting publikasi dalam kelembagaan LPPM Unika. “Publikasi ini juga penting karena LPPM setiap tahunnya harus mengisi yang namanya isian kinerja penelitian dan pengabdian. Sekarang ini kita dituntut yang namanya luaran tidak hanya jurnal tapi luaran dalam bentuk publikasi media massa. Maka kerjasama yang akan dilakukan antara Unika dengan Tribun Jateng sepertinya masing-masing pihak saling membutuhkan. Tribun membutuhkan tulisan berkualitas, Unika juga membutuhkan tempat untuk bisa mewartakan atau memberikan tulisan yang berkualitas dan dibutuhkan masyarakat juga,”tandasnya.

“Oleh karena itu mulai bulan Januari mendatang, LPPM akan mengadakan pelatihan bagi para dosen dan mahasiswa dengan pemateri dari Tribun Jateng. Jadi mereka akan memberikan guidance atau pelatihan cara menulis dengan bahasa jurnalistik yang lebih diterima oleh semua masyarakat. Namun sebelumnya kita akan mengadakan MoU dimana Tribun Jateng akan melihat dan juga mengoptimalkan tulisan para dosen Unika sementara Unika juga akan memanfaatkan kesempatan yang baik tersebut,“ tegas Dr Berta.

Disamping memberikan kesempatan para dosen, media Tribun Jateng juga memberi kesempatan bagi para mahasiswa yang sedang manjalani kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan kegiatan KKU (Kuliah Kerja Usaha) untuk mempublikasikan segala aktivitas di lapangan secara riil. (fas)

Kategori: ,