Prodi Teknik Elektro Rancang Diskusi Serial dengan Alumni
Kamis, 6 Desember 2018 | 15:16 WIB

Narasumber beserta pimpinan prodi dan dosen Teknik Elektro berfoto bersama dengan peserta, usai Diskusi Serial pada Sabtu (1/12/2018)

 

Sebuah acara serial diskusi yang dirancang akan diselenggarakan setiap bulan oleh Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Unika Soegijapranata bekerja sama dengan para alumni prodi tersebut, telah diawali untuk yang pertama kali pada hari Sabtu (1/12) bertempat di gedung Yustinus, dengan memilih topik bahasan “Peran Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing pada Pembangunan Gedung.”

Salah seorang alumni yang hadir sebagai narasumber dari PT. Bangun Total Persada, Damar Budilaksono, ST mengemukakan pendapatnya perihal acara diskusi serial yang digagas oleh prodi Teknik Elektro.

“Point kita hari ini adalah lebih kepada teman-teman yang mungkin sebelumnya belum pernah ada wadah seperti ini, harapan untuk kedepannya ketika teman-teman masih pada bingung tentang pekerjaan atau mungkin saat perkuliahan mereka mau sharing maka kondisi di forum seperti ini sangat bagus dan efektif karena mereka sudah tahu sasaran tepatnya mau bertanya kepada siapa selain ke dosen,” terang Damar.

“Dan kami yang sudah merasakan bekerja secara real di lapangan berpendapat bahwa yang namanya perkuliahan itu bukan hanya sebatas kuliah saja, jadi banyak ilmu yang bersifat non akademis yang bisa kita dapatkan yang harusnya pada saat kita duduk di bangku kuliah peluang-peluang itu bisa lebih kita dapatkan. Disamping itu kalau kita sebagai orang teknis maka kita harus memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan hal teknis tersebut, karena biar bagaimanapun setelah lulus nanti kita akan membawa nama universitas dan nama dosen kita. Jadi takala kita di pekerjaan, kita juga punya tanggungjawab terhadap almamater yang sebelumnya, sehingga saran saya untuk teman-teman yang masih kuliah untuk banyak diskusi dengan yang lebih senior atau dengan para dosen,” lanjutnya.

Sementara Ketua Program Studi Teknik Elektro Dr Leonardus Heru Pratomo ST MT yang juga hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan latar belakang diselenggarakannya diskusi serial yang melibatkan para alumni.

“Forum ini sudah dirancang akan diadakan sekitar 10 kali pertemuan untuk diskusi, semua jadwal sudah terisi penuh, jadi sesuai dengan saran teman-teman, forum ini kita buat serial diskusi artinya setiap bulan selama 10 kali para alumni yang sudah expert di bidang nya mau kembali lagi ke sini untuk mensharingkan pengalaman dan ilmunya kepada adik-adik kelasnya. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang kuliah sehingga ketika mereka  mau kerja ke mana itu sudah jelas,” jelas Dr Leo.

“Harapan lain dengan forum ini selain bisa saling sharing juga dapat saling menginformasikan tentang perusahaan para alumni yang masih banyak membutuhkan lulusan teknik elektro, bahkan untuk magang atau kerja praktek saja perusahaan-perusahaan itu bersedia support. Maka dengan wadah forum ini harapannya bisa mempertemukan para lulusan dengan perusahaan yang sangat membutuhkan keilmuan mereka,” pungkas Dr Leo. (fas)

Kategori: ,