Mencintai Apa Yang Kita Pelajari
Kamis, 13 Desember 2018 | 11:20 WIB

Margarita, nama singkat yang menggambarkan sosok perempuan muda yang baru saja menyelesaikan studinya di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dengan menyandang gelar Sarjana Hukum. Margarita merupakan salah satu dari wisudawan-wisudawati terbaik yang dimiliki Unika dengan menjadi wisudawan terbaik Program Studi Ilmu Hukum dalam wisuda periode III tahun 2018.

Kuliah di Unika mulai tahun 2015 dan lulus pada tahun 2018. Hal tersebut menjadi dambaan semua mahasiswa , dimana Margarita bisa lulus tepat pada waktunya dan bahkan lebih cepat. Selain itu, dengan judul skripsinya “Analisis Pertimbangan Hakim Dalam Penjatuhan Putusan Terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (Studi Kasus Putusan Nomor. 163/Pid.Sus/2016/Pn.Kds)”, Margarita juga berhasil menyelesaikan studi dengan IPK 3,72 dan predikat kelulusan ‘Dengan Pujian’.

“Hal tersebut tentu tidak didapatkan dengan mudah. Ketika kita ingin mencapai sesuatu kita harus memulai dari hal yang kecil. Salah satu contohnya dengan mencintai apa yang kita pelajari,” terang Margarita. Dan hal itu terbukti dengan kecintaannya pada bidang hukum maka akhirnya dia memilih ilmu hukum sebagai studi S-1nya dan berhasil menyandang prestasi wisudawan terbaik.

Dalam menjalani kehidupan di kampus tentunya tak jauh dari berbagai masalah yang dihadapinya. “Saya selalu berusaha untuk tetap melakukan yang terbaik dengan cara memotivasi diri sendiri. Selanjutnya kita perlu juga berfikir tentang kebahagiaan yang dialami di dalam kampus karena dari situlah kita akan mendapat semangat kembali. Terlepas dari itu, kebahagiaan di dalam kampus juga perlu di syukuri, mulai dari mengenal berbagai karakter teman, dosen hingga menikmati indahnya kehidupan berorganisasi,”ungkap Margarita yang merupakan alumnus SMA Kanisius Kudus.

“Nikmatilah kehidupan dan suasana di kampus. Mungkin itu yang dapat memotivasi kita untuk tidak cepat bosan terhadap situasi yang selalu monoton dan bahkan membuat kita bosan dan lelah. Kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri dalam menghadapi berbagai situasi selama kita mampu dan hal tersebut harus dilakukan,” lanjut Margarita.

“Belajar adalah tahapan menimba ilmu dari berbagai situasi yang ada. Jangan pernah merasa sendiri, motivasi diri dari dalam dan dari luar. Terus lakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. Tetap semangat dalam menjalani dinamika di Kampus Ungu Unika Soegijapranata Semarang,”pesan Margarita kepada rekan-rekannya yang masih bergelut dalam studi di kampus.  (Lia)

Kategori: ,