FTP UNIKA GELAR EXPO PRODUK HERBAL
Kamis, 6 Desember 2018 | 11:31 WIB

Salah satu produk expo herbal Jamu “Sir Kusem”

Hari Selasa, 4 Desember 2018 mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika mengadakan Expo Produk Herbal di Selasar Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata Semarang dari pukul 15.00 hingga 17.00.

Expo ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Pilihan di FTP yaitu Herbal Food and Beverage yang diadakan di setiap tahun nya. Tujuan dari mata kuliah ini untuk menguatkan local knowledge yang ada di masyarakat terutama tentang jamu yang menjadi ciri khas Indonesia, yang semakin lama sudah mulai memudar terutama di kalangan anak muda jaman sekarang.

Dengan beragamnya metode pembuatan jamu yang ada di masyarakat, harapannya mahasiswa bisa memberikan saran kepada masyarakat sesuai dengan ilmu yang didapatkan di Teknologi Pangan juga refleksi atau pembelajaran dari kunjungan produsen jamu di masyarakat

Expo ini merupakan hasil produk inovasi buatan dari para mahasiswa Herbal Food and Beverage, yang merupakan praktik langsung setelah mengikuti praktikum Herbal, yang memiliki kualitas produk yang baik dan rasanya enak. Mahasiswa dari Herbal Food and Beverage tidak hanya mahasiswa Unika saja, melainkan juga darmasiswa dari berbagai negara.

Salah satu darmasiswa yang ikut memamerkan produk minuman herbal hasil inovasinya

Dr V Kristina Ananingsih ST MSc selaku koordinator dosen mata kuliah Herbal Food and Beverage mengatakan bahwa, “Tujuan expo ini yaitu untuk mengenalkan dan mengedukasi mahasiswa Unika dari berbagai Fakultas dengan salah satu local knowledge yaitu produk jamu, minuman herbal (herbal drink), dan teh herbal (herbal tea).”

Joy, salah seorang darmasiswa dari Timor Leste, mengatakan bahwa Ia sangat menikmati expo yang diadakan dan menerima tanggapan-tanggapan yang unik dari para pengunjung yang mencicipi produk jamunya.

“Harapannya dari expo ini mahasiswa dapat lebih mencintai budaya lokal, berpartisipasi untuk mengangkat local knowledge dalam bidang pangan terutama jamu yang menjadi iconic dari Bangsa Indonesia, juga dapat menjadi bekal untuk wirausaha bagi mahasiswa” tutup Dr Kristina. (TATA)

Kategori: ,