Alumni Berbagi Pengalaman lewat Diskusi ilmiah
Senin, 3 Desember 2018 | 9:30 WIB

SM 3_12_2018 Alumni Berbagi Pengalaman lewat Diskusi IlmiahAlumni dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Unika Soegijapranata menggelar diskusi ilmiah.

Kegiatan ini ajang pertemuan alumni bekerja dengan mahasiswa untuk membahas banyak hal, termasuk pekerjaan.

Tatap muka ini penting untuk memberikan pandangan bagi mahasiswa yang buta pekerjaan supaya mendapatkan tambahan pengetahuan.

Empat alumnus itu Damar Budilaksono (lulusan Unika 2008), Rahmat (2002), Andri Anggoro, dan Boni.

Kepala Program Studi Teknik Elektro Dr Leonardus Heru Pratomo ST MT mengapresiasi alumni yang masih perhatian dengan almamaternya. Mereka yang sudah ahli di bidangnya mau berbagi pengalaman.

"Serial diskusi yang meng-hadirkan alumni digelar tiap bulan sekali, ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mereka bisa bertanya banyak hal, sehingga sewaktu lulus kuliah tidak bingung mau bekerja kemana," kata Heru disela-sela diskusi di gedung Yustinus, kampus Unika, Jumat (30/11).

Menurut dia, lulusan Teknik Elektro ini memiliki banyak peluang kerja di perusahaan. Bahkan, Unika juga kerap dihubungi berbagai perusahaan, seperti produsen Polytron dan Nusaboard.

Sementara itu, Damar menegaskan, sharing dengan mahasiswa dan alumni ini penting. Banyak ilmu nonakademis yang diperoleh mahasiswa, karena mereka bisa mengupas banyak hal mengenai dunia kerja para alumni.

"Mahasiswa kerap bingung cari pekerjaan setelah lulus kuliah, mereka sebenarnya tidak perlu khawatir. Kuncinya sudah punya basis atau dasar ilmu elektro yang kuat, maka akan diterima di perusahaan mana yang dipilih," jelas Damar.

Rahmad menambahkan, lulusan Elektro penting memiliki sertifikat tenaga ahli (SKA). Hal itu menjadi kunci apabila akan bersaing memenangkan proyek.

â–ºSuara Merdeka 3 Desember 2018 hal. 19

Kategori: